Hai sobat, kamu pasti tahu Facebook dan Twitter, kan? Kalau
yang gak tahu, tempe aja daaah. J
Sebelumnya perlu diketahui, Ikhwan adalah pengguna kedua jejaring tersebut. Di
sini Ikhwan mau coba bandingkan antara Facebook dan Twitter. Dan kesimpulan
yang Ikhwan ambil adalah Facebook sebagai pemenang. Kenapa? Mari kita ulas.
Twitter memiliki kelebihan
yang sudah menjadi ciri khas mereka. Istilah-istilah seperti follow, follower,
tweet, mention, ataupun retweet sudah akrab di telinga kita para tweeps
(pengguna twitter). Dulu, itu adalah beberapa keunggulan Twitter dibanding
Facebook. Tapi ternyata Kak Mark Zuckerberg tidak ingin
mengikuti jejak Friendster yang diam ditempat dan akhirnya punah karena
keberadaan jejaring sosial lain. Sekarang, Facebook juga memiliki fitur-fitur
tersebut namun dengan istilah yang berbeda. Apa saja itu?
Follow –> Subscribe
Awalnya FB hanya membatasi
jumlah Friend
Request atau Permintaan Pertemanan pada tiap akun sejumlah
1000 request. Ya, memang sampai saat ini peraturan tersebut masih berlaku. Tapi
kini sudah ada fitur subscribe (langganan). Dimana fitur tersebut fungsinya
seperti halnya follow, yaitu mengikuti perkembangan akun yang kita subscribe
tanpa harus menjadi teman akun yang bersangkutan. Dan untuk subscribe akun
biasanya tidak perlu persetujuan yang bersangkutan (kecuali disetting khusus).
Follower
–> Subscriber
Sama seperti halnya follower,
jika kita men-subscribe (berlangganan) akun orang, maka home/beranda FB kita
akan diisi oleh postingan akun-akun yang kita subscribe tersebut. Jika friend
dalam satu akun hanya dibatasi 5000 orang, tidak halnya dengan
Subscriber/Pelanggan. Fitur ini tidak membatas jumlah subscriber dalam satu
akun.
Mention
–> Tag
Salah satu ciri khas Twitter
adalah fitur mention dengan tanda @. Dan sekali lagi, Facebook pun juga
menyediakan fitur yang kurang lebih sama. Kita bisa mention kawan kita dalam
status, foto, video, catatan, bahkan komentar. Dan orang yang kita tag akan
mendapat notif atau pemberitahuan di FB mereka.
Retweet –> Share
Jika di twitter ada fitur
retweet (RT) untuk menyebarkan sebuah postingan dari orang lain, di FB pun ada
fitur serupa yang dinamakan share/bagikan. Dalam fitur share ini; status, foto,
video, catatan, atau bahkan sebuah link situs bisa kita sebarkan ke kawan-kawan
kita (friend/subscriber) dalam bentuk postingan yang mengarah pada link dari
postingan asli yang bersangkutan. Asiknya, kita bisa memilih mau share
postingan tersebut di FB sendiri, FB teman, atau dalam grup dan page/halaman.
Dan sekarang kita akan bahas
beberapa kelebihan Facebook yang tidak dimiliki oleh Twitter.
Jumlah karakter postingan
Ini salah satu yang menjadi
pembeda paling mencolok antara keduanya. Jika twitter hanya membatas maksimal
karakter tweet 140-180 karakter, maka Facebook tidak membatasi sama sekali baik
ketika akan update status atau komentar. Pembatasan inilah yang akhirnya
menimbulkan istilah Kultwit pada Twitter yang berarti
Kuliah Tweet. Dimana kultwit ini menyebabkan timeline (home) twitter kita jadi
penuh oleh postingan satu orang. Padahal jika di facebook, postingan-postingan
itu bisa dijadikan satu dalam bentuk status, foto, atau catatan dan tidak perlu
memenuhi home/beranda kawan kita dengan postingan yang berderet-deret.
Aplikasi Games
Salah satu fitur yang membuat
betah para fesbuker tentu saja. Dengan beragam aplikasi dan game yang tersedia
di Facebook, tentu saja membuat Fesbuker tidak pernah bosan walaupun notif
selalu sepi atau status kita tidak ada yang mengomentari. Jika di twitter,
kalau timeline sepi apalagi ga ada yang mention, pasti bakal langsung signout.
Thread
Comment
Di twitter, jika seseorang
memposting tweet, kita sebagai follower tidak tau apa komentar dari orang-orang
terhadap tweet tersebut. Paling banter mungkin orang itu hanya memberi
deskripsi dan kesimpulan tanggapan orang-orang terhadap tweetnya tadi. Sedangkan
jika seperti itu, sangat mudah untuk merekayasa. Seolah twitter itu adalah
orang yang berbicara satu sisi pandang. Di facebook, seluruh aktivitas bisa
dilihat dan dikomentari (jika disetting demikian). Mulai dari postingan status,
foto, tautan, video, dll. Dan pembicaraan bisa menjadi semacam diskusi antara
pemosting dan komentator yang kontra dengan TS (thread starter).
Chat
Dalam fitur ini, kita bisa
mengobrol secara pribadi dengan kawan kita melalui chat. Dengan fitur ini pula,
kita bisa mengetahui kawan-kawan kita yang sedang online. Sedangkan twitter
tidak mengeluarkan fitur chat.
Sundul postingan
Fitur ini bukan seperti fitur
di dalam grup, tapi sebetulnya ini adalah salah satu fitur dari “seluruh
aktivitas bisa dilihat dan dikomentari”. Ya, dengan fitur ini, aktivitas kita
yang mengomentari/nge-like postingan sendiri (maupun postingan orang lain) bisa
terlihat di beranda/home kawan kita. Sehingga secara tidak langsung, postingan
yang kita like atau komentari itu akan naik juga. Sangat menyenangkan jika
postingan-postingan lawas bisa terangkat kembali :)
Kesimpulan
Twitter mungkin cocok bagi
figur terkenal yang memiliki banyak fans. Maka dari itu banyak artis atau brand
terkenal yang memiliki akun twitter dan aktif di sana. Sebetulnya FB pun juga
ada yang namanya FanPage, tapi mungkin bagi orang sesibuk mereka, mengakses
Twitter lebih simpel dibanding FanPage FB.
Twitter mungkin masih punya
kartu AS yang tidak dimiliki FB, yaitu #HashTag dan Trending Topic. Tapi
sepertinya itu bukanlah sebuah fitur yang mengancam pengguna FB untuk beralih
ke Twitter. Dan dengan segala fitur yang ada di Facebook yang tidak dimiliki
Twitter, dan banyak fitur di Twitter yang ada di Facebook, membuat jarak
keunggulan yang jauh antar kedua jejaring ini. Tidak heran jika rata-rata
pengguna Facebook memiliki waktu online yang lebih lama (3 jam) dibanding
pengguna Twitter (15-20 menit).
Tapi kembali pada
masing-masing orang. Biasanya orang akan lebih aktif di tempat yang banyak
temannya aktif disana.