Saturday 25 August 2012

Gunung-Gunung Jalur Cincin Api di Indonesia

Wilayah Indonesia merupakan daerah benturan tiga lempeng benua, yaitu Eurasia, Hindia-Australia, dan Pasifik. Akibatnya, di Indonesia terdapat zona-zona sesar dan deretan gunung api aktif yang memanjang dari Sumatra, Jawa, Nusa Tenggara, Busur Banda, terus ke Sulawesi dan Halmahera.
Berikut ini adalah gunung-gunung api Indonesia yang melegenda dan memiliki nilai historis tersendiri.
1.      Tambora
Gunung di Pulau Sumbawa ini pernah meletus pada April 1815 yang dikenal “The Largest Volcanic Eruption in History” (letusan vulkanik terhebat dalam sejarah). Lebih dari 71.000 orang meninggal dan terjadi perubahan iklim, sering disebut juga tahun tanpa musim panas.

2.      Toba, Sibayak, Sinabung, dan Taruntung (patahan gempa)
Gunung-gunung api dan sesar tektonik di Sumatra Utara. Gunung api ‘super’ Toba diperkirakan meletus 74.000 tahun yang lalu yang menghasilkan kaudera dan danau Toba dengan pulau Samosir di tengah-tengahnya. Letusan gunung api ini berdampak global.

3.      Krakatau
Gunung api di Selat Sunda ini meletus dahsyat pada Agustus 1883. Lebih dari 36.000 orang meninggal dan letusan ini memicu gelombang tsunami.

4.      Agung, Batur, dan Rinjani
Antara spiritualitas dan rasionalitas. Mencari “folklore” lokal terkait dengan gunung berapi. Di Bali dan Lombok, gunung menjadi pusat orientasi budaya dan agama. Bagaimana pengaruhnya terhadap mitigasi bencana?

5.      Jawa Timur : Gunung Semeru, Penanggungan, Bromo, Ijen, dan Kelud
Berdampingan hidup dengan bencana. Kawah Ijen, zaman dulu telah  menjadi sumber belerang dan bahan amunisi. Sebaliknya, kini kawah Ijen menyimpan bahaya besar. Bibir kawah menyimpan jutaan asam sulfat yang dikhawatirkan runtuh, dan kebocoran sebenarnya sudah terjadi,menyebabkan peracunan pada tanah pertanian.
Sementara Bromo adalah pusat spiritual masyarakat Jawa, selain juga pusat pariwisata. Bagaimana masyarakat bisa berdampingan dengan bencana?

6.     Jawa Tengah : Merapi, Merbabu, Lawu, Sindoro, Sumbing, Dieng
Pralaya dan pergeseran peradaban akibat letusan gunung api. Letusan Merapi diperkirakan yang menjadi penyebab bergesernya Mataram Kuno ke wilayah timur. Merapi juga menjadi contoh ujian nyata manajemen bencana modern berhadapan dengan sikap budaya lokal yang sering kali bertabrakan.

7.     Jawa Barat : Tangkuban Perahu, Salak, Pepandayan, Galunggung
Berkah kesuburan tanah Parahyangan di balik ancaman bencana. Letusan Salak pernah berdampak besar terhadap Jakarta.

8.      Kerinci, Dempo, Marapi, Sorik Marapi
Gunung para dewa dan konsepsi kisah orang pendek. Gunung Kerinci adalah juga gunung api tertinggi di Indonesia, yang memiliki keindahan, tetapi juga berpotensi bencana sangat besar.

9.       Rokatenda, Egon, Lewo Tobi, tsunami di Ende dan Larantuka
NTT adalah contoh ekstrem kepulauan yang dibentuk oleh jajaran gunung berapi, yang berpengaruh terhadap keringnya geografi di daerah ini. Selain itu, tsunami juga berkali-kali menerjang. Bagaimana kearifan lokal masyarakat terhadap bencana ini?

10.   Sangihe, Ambon, Ibu, Soputan
Hampir mirip NTT, kepulauan Ambon juga tersusun dari banyak gunung berapi yang aktif, sekaligus berada di area penghujaman aktif yang sering terdampak gempa dan tsunami. Bahkan, catatan paling tua tentang tsunami di Indonesia terjadi di Ambon, dicatat oleh Rumphius.

11.   Sesar darat : Liwa-Padang-Aceh, dan Palu
Sesar darat Sumatra termasuk yang paling aktif di dunia. Sayangnya, hingga kini belum ada pemetaan bencana. Banyak jalur sesar yang diduga masih dihuni pemukiman. Demikian halnya dengan di Palu, juga terjadi hal yang sama.

12.   Mentawai, Nias, Simeulue
Pulau-pulau di batas benua. Ketiga pulau ini berada di titik terluar garis benua, yang paling sering dilanda gempa besar dan berpotensi tsunami sepanjang sejarah. Masyarakat di sana memiliki kearifan lokal dan budaya yang sangat terkait dengan gempa dan tsunami, tetapi kini banyak yang telah hilang.

Sumber : Litbang Kompas



Mari berbagi tulisan!
Komentar
0 Komentar

Komentari dengan Google

Artikel Terbaru

    Artikel Acak

    Download aplikasi Sinyal Pintar
    Mobile | Web
    Copyright © 2012-2015 SinyalPintar
    All right reserved
    Blog milik Ikhwanul Muslimin
    Kebumen-Bandung, Indonesia