Sunday 22 June 2014

Kisah-Kisah Matrikulasi ITB 2014 #PART1

Matrikulasi? Apa nih? Pengembangan karakter? Pertanyaan ini juga sempet menghantui (cieh) pikiranku sebelum ikut. Bayangannya matrikulasi tuh ngebetein, bikin pusing, banyak tugas, nggak enak banget. But, bagaimana sebenernya matrikulasi? Ternyata di luar dugaan. Seru dan kocak abis. Nih aku ceritain pengalaman sebulan matrikulasi.
Eh tapi sebelum aku ceritain, aku kasih tau dulu, ya. Matrikulasi di ITB tuh hanya tersedia untuk para pelamar BidikMisi, kaya aku. Hehehe…
Kembali ke cerita, aku ceritain dulu dari awal ya. Dari di rumah asalku, Kebumen.


HARI MINGGU, 15 Juni 2014
Aku bersama rombongan anak Kebumen yang ikut BidikMisi di ITB berangkat dari stasiun Kutoarjo (cuma aku sih yang dari sini, yang lain dari stasiun Kebumen, hehe). Jam 8 kami berangkat. Di dalam kreta biasa, lah, cerita-cerita gitu. Nggak penting diceritain yang ini. Singkat kata kami sampai di Stasiun Kiaracondong jam 4 sore. Sehabis sholat, kami langsung cabut ke asrama Perhimak Bandung (note : perhimak = Perhimpunan Mahasiswa Kebumen), kita ditampung dulu tuh di sini. Kami nginep dari malam Senin sampai malam Selasa

HARI SELASA, 17 JUNI 2014
Hari yang dinanti tiba. Pagi-pagi sekali, jam 6, kami sudah harus cabut ke gedung Sasana Budaya Ganesa (Sabuga) ITB buat pendaftaran ulang mahasiswa baru jalur SNMPTN. Lho, kenapa sepagi itu? Sepagi itu aja udah ngantre luar biasa panjang, apalagi kalo kesiangan? Aku ingetin nih buat adik kelas, besok kalo daftar ulang, datengnya tuh jam 5 sekalian, jam 4 kalo perlu. Biar nggak ngular kaya aku.
Daftar ulang dibuka jam 7.00, tapi baru selesai jam 12.30. Padahal cuma nunjukin kartu SNMPTN 2014, trus nyerahin berkas-berkas yang disyaratkan. Kalo nggak ngantre, 10 menit cukup. Tapi karena ngantrenya luar biasa, jam 12.00 baru selesai. Ini pun udah yang paling cepet, aku STEI. Kalo yang lain tuh ada yang sampai jam 2 sore. Gila, kan?
Habis nyerahin berkas-berkas, kami disuruh menuju kamar foto buat Kartu Tanda Mahasiswa (KTM). Abis itu, ke area BidikMisi untuk dapat Surat Perjanjian, sama petunjuk untuk di asrama, termasuk nomor kamar. Nah, aku dapet asrama Kidang Pananjung tuh. Oh ya, ini bener-bener acak ya kamar tidurnya, jadi peluang satu daerah bisa bareng kecil banget!
Abis ini selesai semua, kami pulang ke asrama Perhimak. Then, kami prepare dan packing buat pindahan ke asrama Kidang Pananjung. Soalnya jam 5 sore kita sudah harus sampai di sana.
 Nih foto asrama KP
Asrama Putra Kidang Pananjung

Malam pertama di Asrama Kidang Pananjung
Jam 7.30 kita disuruh kumpul di ruang tamu serbaguna (^_^) untuk kenalan sama tutor-turtor asrama Kidang Pananjung, Tutor adalah kakak-kakak tingkat yang akan menjadi pendamping dan tempat kepo. Ada Kak Eky, Kak Arsyad, Kak Lutfi, Kak Pilemon, Kak Adit, dan banyaaak lagi.
Setelah kenalan dan pengarahan tentang aturan di asrama selesai, kami disuruh berkumpul sesuai tutor masing-masing. Dan tutorku adalah Kak Adit (lengkapnya Aditya Nur Ikhsan).
Kita kumpul-kumpul buat kenalan sama anggota masing-masing, sekaligus penunjukkan ketua. Anggota kami ada 21 orang, dan ketuanya adalahhhhh Muhammad Ilham! (tapi biasa dipanggil Muil ==”  haha) Oh, ya. Di first gathering ini juga kita dikasih tau peralatan apa saja yang kudu dibawa untuk psikotes besok hari, yaitu pensil HB (dua buah), pulpen, dan penghapus. Oh ya, ini aku ingetin buat adik kelas, besok bawa pensil dari rumah aja. Mahal banget kalo di sini. Satu pensil HB yang biasanya Cuma 2.500, di sini 4.000. Pulpen yang biasanya Cuma 1500, di sini 2.500.

Udah, jam 9 kita dipersilakan untuk kembali ke kamar masing-masing. Oh ya, aku adalah penghuni kamar B7 bareng Nurul sama Alivan. J

HARI RABU, 18 JUNI 2014
Hari ini adalah jadwal psikotes. Oh, ya. Psikotes ini hanya ditujukan untuk pendaftar SNMPTN BidikMisi ya….
Psikotes dimulai jam 7. Tapi perjalanan kita butuh waktu lebih kurang 15 dampai 20 menit. Dan kita juga butuh makan. Akhirnya kita putuskan buat berangkat jam 6. Artinya, sebelum jam 6 kita harus udah mandi dulu. Dan kamu tau,nggak, di sini mandi kalau sudah lewat jam 5.30 airnya bakal susah (tapi nggak tau juga sih, tapi blok B gitu). Oke, aku mandi jam 5 aja. Dan, dan, dan , kamu tau, gimana dinginnya? Brrrrr…. Kaya pake es.

Jam 6 pun kami berangkat untuk cari makan. Parahnya, kelompok lain sudah duluan. Kami hampir saja nggak dapat warung makan. Tapi setelah 30 menit cari, akhirnya nemu juga yang kosong. Dan, artinya waktu kita tersisa 40 menit saja buat ke kampus. Makan itu 10 menit, artinya tersisa 20 menit aja. Langsung deh buru-buru banget tuh ke kampusnya. Hahahaha….

Psikotes
Well, this is the time to boost our skill. Yang paling bikin pusing dan mual tuh satu, yaitu tes koran! Bahkan pusing dan mualnya tuh sampai maghrib masih terasa. Dua kali makan, aku nggak nafsu. Padahal biasanya aku paling cepet tuh ngabisin makan. Hahaha…

Malam Kedua di Kidang Pananjung
Aduh, masih pusing, sudah kumpul lagi. But, it must be done.
Oke, malam ini kita diajarin jargon Kidang Pananjung dan yel-yel matrikulasi.  Dan, dan, dan, kita dapet PR untuk ngafalin, sekaligus bikin koreografinya hanya dalam waktu kurang dari 24 jam! Wuiiih tugas dan tantangan nih buat kami. Well, awalnya kita slow. Malam itu juga kita langsung ngerancang konsep buat show malam Kamis. Akhirnya, kita putuskan untuk pakai tari saman dari aceh dicampur tari ala Papua, dan beberapa gerakan dance yang bakal dipikirin oleh Aroma (iya, namanya Aroma, terbayang kan kelezatannya? :D) dan akulah sebagai pemandu tari Saman.

HARI KAMIS, 19 JUNI 2014
Acara pagi cuma sebentar, yaitu hanya perkenalan UPT Asrama. Jam 10.30 sudah selesai. Kita kumpul buat bahas dan mengemukakan konsep yang sudah digarap semalaman.
Yang ikut tari Saman ada 6 orang termasuk aku. Lainnya ada Ari, Nurul, Bayu, Heri, dan Surya. Kita latihan sampai pukul 12.00. Kemudia sholat dzuhur, dan lanjut sama yang lain pada pukul 2 sore.
Nah, dimantepin tuh gerakannya. Pas latihan seru deh pokoknya, ketawa mulu, dan kita yakin bakal  jadi pemenangnya. Latihan kita lancer banget, super keren, dan prediksi menang meningkat menjadi 90%. Oh, ya. Nama grup kita AKP21. AKP = Anak Kidang Pananjung, 21 adalah jumlah anggota grup kita.


Malam Ketiga di Kidang Pananjung
Time to show our talent! Kita dapet nomor urut 10, jauh dari harapan. Harapannya sih dapet ya nomor 1 atau 2 lah.
Kalau kami lihat dari latihan yang luar biasa, kita yakin bakal keren juga di show. Tapi ternyata, hasilnya fantastis bung! Jauuuh di luar dugaan! Konsentrasi dan focus kami buyar semua! Lupa lirik, lupa gerakan, jargon pun salah! Haduuuuuhhhh, langsung down tingkat palung terdalam sedunia. Kita ga jadi pemenang, Cuma dapet runner up. Yahhhh, this is the worst situation ever. Tiket ketemu Pak Rektor lenyap. (Oh belum dijelasin, ya. Yang menang tuh bakal ketemu rector dan show lagi.) Kecewa? Pasti. Tapi ini kami jadikan pelajaran yang sangat berharga. Bahwa kita nggak boleh bangga benar-benar dapat, jangan nganggep enteng orang lain yang sepertinya di bawah kita, tapi hargai dan jadilah pemenang yang santun. Well, akhirnya kita ketawa bareng-bareng aja.

HARI JUMAT, 19 JUNI 2014
Hari ini paginya kita belajar banyak tentang kota Bandung. Kami dipandu oleh Kak Fauzi dan Kak Dika. Ngenal kota Bandung, ternyata asyik juga. Kita dikasih tau tentang sejarahnya, di mana letak secara geografinya, demografi alias kependudukan, masalah yang ada, sampai yang paling penting nih fasilitas-fasilitas kota plus transportasi ke sana. Penting banget tuh. Kali aja uang BidikMisi cari, bisa main hahahha….
Eiits, tunggu dulu. Ada tugas menunggu. Ngapain?
Pertama kita disuruh bikin resume tentang apa yang dijelasin. Well, artinya aku harus perhatiin bener-bener penjelasan mereka, dan nyatet apa yang kira-kira penting. But, unfortunately and unhopefully, pulpen yang aku bawa tintanya habis di tengah jalan (bukan jalan raya yah) waktu Kak Dika presentasi. Yah, payah nih. Mana pulpen cuma satu-satunya lagi. Grrrr…. Akhirnya dengan segenap jiwa dan raga (ea) aku mantapkan (ea lagi) bahwa telinga ini ahrus terbuka lebar dan ingatan ini harus tajam, setajam silet! Hahahaha….
Oke, jam 10.45 selesai penjelasannya. Tinggal tulis resume dan kumpulin deh ke Muil.
Oh ya, ada tugas lagi. Kami juga harus mengunjungi tempat yang udah dijelasin tadi. Nah, this is so great miracle. Kami cuma disuruh ke Dago Tea House! Yes, lokasi deket.

Setelah pulang sholat Jumat, kami semua kumpul. Jam 13.30 cabut naik angkot jurusan Dago (warna ijo) sampai pintu masuk Dago Tea House. Nih yang bikin sebel, si Welly. Nyasarin kita semua! “KAYAKNYA  lewat dieu deh.” Well, kita ikuti aja. Dan, dia bingung sendiri. Untung ada Pak tua yang mau ngasih tau kita jalannya ke mana.
Sip, akhirnya sampai juga di Dago Tea House. Tapi awalnya kita sih agak bingung, soalnya nggak ada tulisan Dago Tea House tuh di gedungnya. Adanya malah Balai Budaya gitu… Nah, setelah dicari infonya, ternyata Dago Tea House nih awalnya rumah makan, tapi berhubung sering buat pameran dan pentas budaya, akhirnya oleh Pemprov Jabar dibeli deh, jadi Balai Budaya Jawa Barat.

Eh, ada yang lucu nih pas kami berkunjung ke sini. Kata kakak-kakak tutor, kami nggak boleh sebutin BidikMisi dan ITB. Nah, pas ngisi daftar pengunjung, ada kolom institusi/lembaga tuh. Awalnya mau tulis apa ya? Tapi akhirnya udah deh tulis nama SMA aja. Tapi pas ditanya sama petugasnya, “Kok ini SMAnya beda-beda yah?” “aaaa,,eeee,,, “ akhirnya jawab gini’ “Iya, Pak. Kita ini komunitas SMA, lagi kumpul. Jadi beda-beda.” Hahahaha…. Nggak boleh bilang ITB sih.

Ngisi daftar hadir udah, waktunya wawancara nih. Kita dibagi jadi 4 kelompok. Bagian sejarah, bagian tujuan pembangunan, bagian kegiatan, sama satu lagi bagian permasalahan yang ada. Aku kebagian wawancara tentang kegiatan.
Tapi kemudian kita kok cari orang buat diwawancara gak ada ya? Ini Balai sepi banget! Akhirnya, Tanya aja sama petugas daftar hadir aja. Dan, kamu tau, dia siapa? Ternyata eh ternyata dia itu Kuratornya, gubrak! Namanya Pak Anton, dan pastinya dia tau banget tentang taman budaya ini. Oke, tugas kami selesai.
Oh ya, kami juga dapet buku gratis lho dari perpustakaan Balai Budaya ini. Dikasih sama Pak Husen. Makasih Pak Husen… :D

Masih ada satu tugas lagi, yaitu foto selfie di Balai Budaya. Haha… gue banget. :D Nih, hasil selfie kita. Jeng jeng….
Selfie bareng! Camera : Ari

Tugas selesai sekitar jam setengah empat sore. Oke waktunya pulang ke asrama. Dan asyiknya Pak sopir angkot baik banget, nganterin kita sampai asrama. Heheyy…

Dan yang lebih seneng lagi, malam ini nggak ada kegiatan alias free.

HARI SABTU, 21 JUNI 2014
Hari ini adalah Pembukaan Matrikulasi secara resmi dari Sang Rektor ITB, Bapak Akhmaloka, bapakku sendiri (haha, ngarep) di aula barat ITB.

Acara dimulai jam 9. Tapi, kami kudu sampai di ITB maksimal jam8, soalnya buat ngantri snack dan ngisi daftar hadir sih. Jalan kaki sampai Jalan Dago, lalu naik angkot kea rah barat. Dan jalan lagi ke utara, sampailah di ITB.
Ternyata coy, anak Kidang Pananjung paling lelet ! hahaha… Masa aku bareng beebrapa anak AKP21 sampai sana, eh, ternyata belum ada satuoun anak Kidang Pananjung yang ngisi daftar hadir? Padahal dari asrama Sangkuriang dan Kanayakan sudah stand by ngantri nguler. Jaaannnn! -_-
Pas acaranya tuh, Pak Akhmaloka jadi pembicara utama. Jujur aku kagum banget sama sosok Pak Akhmaloka. Gaya bicaranya yang lugas dan menginspirasi, membuatku betah berlama-lama mendengarkan sambutan beliau.
Oh, ya, FYI, setelah Pak Akhmaloka meninggalkan lokasi, kita ada lomba adu kreasi koreo yel-yel antarasrama. Dan, dan, dan, lo tau, KIDANG PANANJUNG JADI PEMENANG! Yeyyy…! Asik-asik.
Nah, ini yang bikin agak bete dan ngeselin, di akhir acara, Kak Luthfi tuh, ngasih tugas. Dan kamu tau tugasnya apa? MInta biodata sama tanda tangan15 tutor asrama. Sebenarnya gapapa sih, Cuma yang ngeselin tuh, 15 tutor terdiri atas 5 tutor Kidang Pananjung, 5 tutor Kanayakan, dan 5 tutor Sangkuriang. Haiih! Harus pergi-pergi lagi dan itu bakal capek! Well, we have to do it.Kita dikasih waktu sampai dedlinenya Sabtu depan. Sip, agak santai. Tapi, akankah jadi deadliner? Tunggu kisahnya.

Malam Kelima di Kidang Pananjung
Yeey, inilah malam Minggu pertama di Kidang Pananjung. Semuanya free, dan nggak ada jadwal. Bisa main dan nonton film puas-puas! :D

HARI MINGGU, 22 JUNI 2014
Yeah, it’s Sunday today! TOTALLY FREE! Main ke asrama kosannya kakak tingkat di Sangkuriangbareng Aziz D20, Bida E7, sama Sueb D17, buat ambil buku yang ditinggal, lalu mampir ke Perhimak Bandung buat pinjem buku kuliah. Yes, dapet banyak! Akhirnya. Mala mini kita juga bakal seru-seruan di Perhimak. Rame banget lah ada komunitas Kebumen di sini. Hahaha….

Baca kisah selanjutnya di #PART2



Mari berbagi tulisan!
Komentar
0 Komentar

Komentari dengan Google

Artikel Terbaru

    Artikel Acak

    Download aplikasi Sinyal Pintar
    Mobile | Web
    Copyright © 2012-2015 SinyalPintar
    All right reserved
    Blog milik Ikhwanul Muslimin
    Kebumen-Bandung, Indonesia