Saturday 30 June 2012

10 Aturan Ngeblog, Kalau Melanggar Peluang Banned Besar!

Hai sahabat Sinyal Pintar! Kali ini Sinyal Pintar mau kasih tau kamu mengenai aturan-aturan dalam dunia blogging! Aturan di sini sebisa mungkin dipatuhi supaya blog kamu nggak di-banned oleh Google. Sayang, kan kalau blogmu sudah bagus, tapi hanya gara-gara nggak patuh sama aturan jadi diblokir (banned). Oke, langsung saja, berikut 10 aturan dalam dunia per-blogging­-an.

blog by theblogstarter


Thursday 28 June 2012

Blog Dofollow vs Blog Nofollow, Pilih yang Mana?

Hai Sobat ZoPi? Mungkin sebagian besar dari kalian sudah banyak yang tahu apa itu blog dofollow dan nofollow. Walau mungkin ini sudah terdengar basi, tapi tak apalah yang penting ngeblog saja. Kali aja ada yang belum tahu.
Di kesempatan kali ini aku akan membahas tentang pengertian blog dofollow dan nofollow dan bagaimana cara mengetahuinya.

PENGERTIAN
Berikut ini adalah sedikit penjelasan tentang dofollow dan nofollow :
1.       Dofollow; artinya link yang dimasukkan pada saat memberikan komentar pada postingan sebuah blog akan ditelusuri lebih lanjut oleh search engine (mesin pencari), dalam artian mendapatkan backlink dari blog yang di komentari tersebut. Makanya bagi kamu yang punya blog, kalau berkomentar sertain juga link blogmu.
2.       Nofollow; kebalikan dari dofollow, link yang dimasukkan pada saat memberikan komentar pada postingan sebuah blog tidak akan ditelusuri lebih lanjut oleh search engine (mesin pencari), dalam artian kita tidak mendapatkan backlink dari blog yang dikomentari tersebut. Sementara kita tahu backlink merupakan salah satu unsur penting dalam meningkatkan page rank (PR). Jadi bisa dikatakan sia-sia berkomentar di blog nofollow  .

Berdasarkan pengertian diatas dapat simpulkan bahwa blog dofollow adalah blog yang memberikan backlink kepada link yang dimasukkan pada saat komentar di blog, sedangkan blog nofollow adalah pada saat memasukkan link pada komentar, blog tersebut tidak memberikan backlink.

Jadi, untuk meningkatkan page rank (PR) blog perbanyaklah berkomentar pada blog dofollow tapi dengan memberikan komentar yang sesuai dengan judul postingan tersebut.

KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN
Blog Dofollow
Keunggulan Menggunakan Blog Dofollow
1.       Blog kita akan dicari oleh blogger pencari blog dofolow, sehingga meningkatkan visitor counter blog.
2.       Postingan kita akan mendapatkan banyak komentar dari user blog lain
3.       Merasa puas karena postingan kita diperhatikan.

Kelemahan Menggunakan Blog Dofollow
1.       Bisa membuat pagerank blog menjadi menurun
2.       Bisa memunculkan komentar spam (jangan nyepam ya di blog aku)

Blog Nofollow
Keunggulan Menggunakan Blog Nofollow
1.       Dapat meningkatkan page rank blog
2.       Semakin tinggi pagerank semakin cepat terindex di Search Engine
3.       Bisa mendapatkan pengunjung banyak dari Search Engine
4.       Untuk bermain SEO blog nofollow sangat diperlukan.

Kelemahan Menggunakan Blog Nofollow
1.       Pengunjung jarang meninggalkan komentar, karena mereka hanya mencari informasi saja
2.       Jumlah komentator menjadi sedikit. Tapi bisa meningkatkan traffic blog kamu

CARA MENGETAHUI BLOG DOFOLLOW DAN NOFOLLOW
Berikut ini aku menyajikan bagaimana caranya mengetahui mana yang blog dofollow dan nofollow melalui Browser Mozilla Firefox (untuk browser lain, aku belum coba).
Pertama, kamu harus install Add-Ons NoDoFollow. Caranya?
Pergi ke menu pengaya/add-ons Firefox, kemudian pilih Unduh Pengaya/Download Add-Ons.
Di kotak pencarian, ketik NoDoFollow.
Pada hasil yang muncul, pasang add-ons NoDoFollow.
Setelah penginstalan selesai, restart Mozilla Forefox.
Jika kamu sedang berselancar di blog manapun, cara mengetahui apakah itu blog dofollow atau nofollow adalah dengan klik kanan dan klik NoDoFollow, maka semua link akan terdeteksi.
Link yang berwarna biru/ungu artinya blog Dofollow.
Link yang berwarna pink/merah artinya blog Nofollow.

Nah, sekarang sudah jelas pengertian dari blog dofollow dan blog nofollow serta mengetahui kelebihan dan kekurangan menggunakan blog dofollow. Dan blog Sinyal Pintar ini adalah blog dofollow.
Sekarang tentukanlah tujuan kamu apakah ingin membuat blog dofollow ataupun tetap menjadi blog nofollow.
Yang perlu diingat, blogger yang baik adalah blogger yang setia dan aktif update entri.



Qur'an untuk Microsoft Word


Hai sobat ZoPi, kali ini aku mau bagi-bagi aplikasi lagi. Setelah kemarin ngasih aplikasi Qur’an juntuk Windows, sekarang ada lagi nih, namanya aplikasi Qur’an di Word. Apa itu?
Sesuai namanya, aplikasi ini digunakan sebagai add-ins di Microsoft Word untuk mempermudah penulisan Al-Qur’an. Baik itu ayatnya, terjemahannya, maupun keduanya. Oke, bagi yang ingin, link download berada di bawah.



1.       Tutup program Microsoft Office Word sebelum menginstal.
2.       Instal file SetupQuranWord yang telah didownload. Maka jendela penginstalan akan terbuka.
3.       Klik Next > Next
4.       Pada jendela Select Destination Location, tentukan lokasi tujuan. Secara default, program akan diletakkan di C:\Program Files\Quran_in_Word. Bila ingin mengubah, tekan Browse kemudian tentukan lokasinya.

5.       Klik Next. Di jendela Ready to Install, klik Install.
6.       Extracting files... Processing Shortcut Information...
7.       Setelah proses selesai, klik Next > Next > dan Finish. Penginstalan telah selesai.
8.       Sekarang buka Microsoft Word, maka akan muncul tab tambahan, yaitu Add-Ins di bagian paling kanan.

9.       Dari tab Add-Ins, tekan tombol dropdown Al-Qur’an. Terdapat pilihan sebagai berikut.
      Get All; untuk memasukkan ayat beserta terjemahannya.
-                     Get Ayat; untuk memasukkan ayat saja.
-                     Get Terjemah; untuk memasukkan terjemahan saja.
-                      About; menampilkan informasi software ini.
10.   Pilih salah satu dari pilihan tersebut. Sebagai contoh, di sini dipilih Get All.
11.   Tentukan Surat dan Ayatnya. Kemudian klik OK. (Centang checkbox Ganti Baris jika kamu ingin setiap ayat berganti garis).

12.   Maka surat dan ayat yang dipilih akan disisipkan. (Untuk surat-surat tertentu, disertai penjelasan/tafsirannya juga).


Bagi yang ingin download, klik di sini.
Password Archieve : iwanmuslim

Wednesday 27 June 2012

Melatih Otak Kanan untuk Mempertajam Ingatan


Sering lupa saat mencari suatu benda? Atau lupa hal penting yang harus dilakukan? Lupa password? Nilai ulangan buruk karena kesulitan menghafal? Hal ini banyak dialami oleh kita. Daya ingat otak memang akan semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Semakin tua umur seseorang biasanya mereka akan semakin pelupa. Tetapi, ini dapat juga menimpa di usia muda. Masalah ini dapat dikurangi dengan cara melatih otak.

Fungsi Otak
Dalam proses mengingat, otak memainkan peranan besar. Otak dapat terbagi atas otak kiri dan otak kanan. Fungsi otak kiri berkaitan dengan logika, angka, tulisan, kecerdasan, hitungan, analisa, dan untuk ingatan jangka pendek (short term memory). Otak kanan kita diguakan untuk kreativitas, imajinasi, musik, warna, bentuk, emosi dan untuk ingatan jangka panjang (long term memory).
Ingatan akan lebih bertahan lama jika dalam mengingat menggunakan otak kanan. Untuk dapat mengingat dengan baik, perlu melatih otak agar berfungsi dengan optimal. Sayangnya, lebih banyak orang yang menggunakan otak kiri dalam proses mengingat. Karena otak kiri merupakan ingatan jangka pendek, maka informasi yang disimpan di otak kiri akan lebih mudah terlupakan.
Jika ingin menyimpan dalam otak kanan, informasi harus diubah menjadi cerita atau gambar. Otak kanan tidak mengenal tulisan atau angka. Ada beberapa teknik yang bisa dilakukan.

Total Story Technique (TST)
Teknik ini dilakukan dengan cara membuat cerita singkat dari hal-hal yang akan kita hafalkan. Misalnya kita akan berbelanja di supermarket untuk membeli beras, shampo, susu, permen karet, pembersih lantai, telur, kecap, keju, saos tomat, tisu. Daripada berusaha menghafalnya, lebih baik kamu membuat cerita untuk hal-hal ini menjadi Dewi Sri (merupakan legenda dewi padi yang menggambarkan beras) sedang keramas (shampo) sambil mandi susu. Sedangkan di luar, si Mbok yang sedang mengunyah permen karet sambil mengepel (permbersih lantai) sudah menyiapkan telur rasa kecap bertabur keju dan saos tomat yang lembut seperti tisu.
Jadikan bayangan tersebut nyata di hadapanmu. Dengan contoh cerita ini, kita telah melatih otak kanan yang berfungsi dalam kreativitas dan imajinasi. Kreativitas tercipta saat kita membuat suatu cerita singkat dan imajinasi turut berperan saat kita memvisualisasikan cerita tersebut.

Total Word Technique (TWT)
Pada teknik ini informasi yang ingin diingat diubah menjadi singkatan-singkata (teknik jembatan keledai). Setelah itu, baru dibuat cerita agar dapat diterima oleh otak kanan.
Misalnya, ketika harus menghafal 8 planet mulai dari yang terdekat matahari. Urutannya adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus. Jika menghafalnya terasa sulit, bisa diubah menjadi kalimat “Mengendarai Vespa Bukan Mainan, Judi Sahabat Urip Nekad”.

Total Number Technique (TNT)
Teknik ini digunakan untuk mengingat angka-angka. Karena otak kanan tidak mengenal angka atau tulisan, maka perlu dibuat cerita agar dapat dikenali otak kanan. Misalnya, kamu harus mengingat angka 212.007.217.080.205. Kamu dapat mengubahnya menjadi cerita seperti Wiro Sableng (212) dan James Bond (007), keduanya (2) sedang mengikuti upacara kemerdekaan (1708) pada hari pendidikan nasional (0205).
Kamu juga dapat mengubah angka menjadi kode bentuk atau bunyi seperti berikut:
Angka
Kode Bentuk
Kode Bunyi
0
Bola
Gosong
1
Tiang
Sepatu
2
Bebek
Tua
3
Telinga
Mentega
4
Perahu layar
Ketupat
5
Perut gendut
Delima
6
Cerutu
Tanam
7
Cangkul
Baju
8
Kacamata
Papan
9
Raket
Jalan

Kode bentuk dan kode bunyi juga dapat diciptakan sendiri sesuai kreativitasmu. Sekarang misalnya kamu harus mengingat password 284670, dapat diubah menjadi kalimat:
Mengingat dengan Kode Bentuk
Bebek (2) berkacamata (8) naik perahu layar (4) dengan tangan kanan memegang cerutu (6) dan tangan kiri memegang cangkul (7) asyik bermain bola (0).
Mengingat dengan Kode Bunyi
Kakek tua (2) membeli papan (8) dan ketupat (4) dari orang yang sedang menanam (6) baju (7) gosong (0).

Bagaimana kawan? Tertarik? Jika kamu sudah mencoba mengingat dengan metode-metode tersebut, menyimpan informasi di otak kanan, informasi tidak akan cepat terlupa dan membantu mengoptimalkan otak dan membantu daya ingatmu. Selamat mencoba!



10 Karakter Pemenang dan 10 Karakter Pecundang


Pemenang dan pecundang memiliki karakter yang berbeda. Berikut adalah 10 karakter pemenang dan 10 karakter pecundang. Termasuk golongan yang manakah kamu?

1.      Ketika pemenang melakukan kesalahan dia berkata, "Saya salah!"
Ketika pecundang melakukan kesalahan dia berkata, "Ini bukan salah saya!"
2.      Pemenang berkata, "Saya sudah baik, tapi saya bisa lebih baik lagi!"
Pecundang berkata, "Saya tidak sejelek orang lain!"
3.      Pemenang mencoba belajar dari setiap orang yang lebih baik daripada dia.
Pecundang selalu mencoba menjatuhkan orang lain dengan berbagai cara.
4.      Pemenang berkata, "Mari saya kerjakan ini untuk Anda!"
Pecundang berkata, "Itu bukan pekerjaan saya!"
5.      Pemenang berkata, "Pasti ada cara lebih baik untuk  mengerjakannya!"
Pecundang berkata, "Begitulah biasanya dikerjakan di sini!"
6.      Pemenang berkata, "Ini sulit tapi mungkin!"
Pecundang berkata, "Ini mungkin tapi sangat sulit untuk mengerjakan!"
7.      Pemenang selalu mempunyai rencana-rencana.
Pecundang selalu mencari alasan.
8.      Pemenang mempunyai komitmen-komitmen.
Pecundang hanya berjanji-janji saja.
9.      Pemenang selalu menjadi bagian dari jawaban.
Pecundang selalu menjadi bagian dari masalah.
10.  Pemenang tuntas memecahkan masalah.
Pecundang selalu tanggung-tanggung & tidak pernah memecahkan masalah.

So, Wanna Be a Winner or Loser

Tuesday 26 June 2012

Doraemon dan Nobita, Simbol Persahabatan Sejati


Kamu mungkin salah satu orang yang pernah merasakan kasih sayang sahabat. Arti sahabat dalam kehidupan memang sangatlah besar. Memiliki seorang sahabat tentu menyenangkan dan membuat hidup lebih berwarna. Kita tidak akan merasa kesepian dan punya tempat berbagi tentang hal apapun. Doraemon, nama ini tentu sudah tidak asing lagi bagi kita, bukan? Kartun dari jepang ini mengisahkan persahabatan dua tokoh utama yang sangat erat. Persahabatan antara Doraemon sendiri yang merupakan makhluk berkantong ajaib dan seorang bocah laki –laki bernama Nobita yang tampaknya selalu saja tertimpa masalah.
Kamu yang pernah menonton kartun ini, mungkin tidak pernah menyadari bahwa kartun ini menyimpan banyak hikmah. Kartun ini juga menceritakan tentang bagaimana besarnya kasih sayang sahabat antara Doraemon dan Nobita. Serial Doraemon sendiri selalu menyuguhkan cerita yang berbeda – beda tiap episodenya. Namun, kamu bisa melihat kesamaan dalam alur cerita kartun ini.
Serial ini biasanya selalu diawali dengan Nobita yang memiliki suatu masalah. Setelah itu muncul Doraemon yang memang memiliki sebuah kantong ajaib dan Doraemon bisa mengeluarkan berbagai jenis barang dari kantong ini. Nobita pun sering di gambarkan memohon – mohon sambil menangis meraung – raung pada doraemon untuk mengeluarkan sebuah barang yang bisa membantu untuk menyelesaikan masalah. Doraemon selalu merasa tidak tega, akhirnya mengabulkan permintaan Nobita. Masalahpun berlanjut, biasanya barang ajaib dari Doraemon hilang, rusak atau diambil oleh Giant maupun Suneo. Setelah itu, Nobita akan kembali meminta bantuan Doraemon untuk menyelesaikan masalahnya yang semakin rumit.
Dan tentu saja, sebagai sahabat yang baik Doraemon sering mengabulkan permintaan Nobita itu. Makna Cerita Doraemon Kartun ini menunjukkan bahwa dengan memiliki seorang sahabat, kita akan bisa menyelesaikan masalah akan lebih mudah. Tapi, sebagai sahabat yang baik, kita tidak boleh datang pada sahabat hanya ketika sedang susah (seperti yang sering dilakukan oleh Nobita pada Doraemon). Berbagi keceriaan dan kebahagiaan pun sangat penting untuk menjaga sebuah kasih sayang sahabat terhadap kita agar tali persahabatan bisa awet. Sebagai sahabat, kita harus mencontoh Doraemon yang selalu setia dan siap membantu. Kitapun harus seperti doraemon yang selalu menjaga kasih sayang sahabat terhadap kita. Saat sahabat mengalami masalah, kita tentu akan ikut sedih dan sebaiknya selalu ikut memikirkan solusi apa yang harus digunakan untuk memecahkan masalah.
Tak peduli seberapa sering sahabat melakukan kesalahan dan ceroboh dalam menghadapi masalah, Doraemon selalu siapa membantu, bahkan saat barangnya dirusak atau dihilangkan, ia tetap siap membantu. Kita sebaiknya mencontoh sikap seperti ini. Selalu membantu memang baik, tapi ada kalanya kita harus berusaha menyadarkan sahabat kita yang mungkin “nakal”seperti Nobita. Doraemonpun pernah sesekali tidak mengabulkan permintaan Nobita. Kita juga bisa meniru hal ini. Bukan karena tak ingin membantu dan melihat sahabat kita kesusahan., tapi hal ini untuk menyadarkan sahabat kita bahwa iapun harus belajar untuk dewasa, tidak tergantung pada orang lain dan bisa terlatih untuk menyelesaikan permasalahannya sendiri.
Peneguran secara tidak langsung seperti ini juga merupakan suatu bentuk kasih sayang sahabat, karena kita sebagai sahabat yang baik harus mengajarkan bahwa hidup itu harus mandiri. Kita juga tentu ingin melihat sahabat kita berubah jadi leih baik, bukan? Doraemon juga sering sekali menyuruh Nobita untuk belajar.
Suatu ajakan, anjuran, atau nasehat kebaikan yang dilakukan oleh Doraemon adalah bentuk kasih sayang sahabat, dimana dia tidak ingin sahabatnya (Nobita) selalu dilukai dan melakukan kesalahan terus – menerus. Ternyata kartun doraeon mengajarkan pada kita semua, bahwa kasih sayang sahabat adalah hal yang paling penting dalam kehidupan. Bila kita memiliki seorang sahabat, peliharalah persahabatan itu dengan baik, seperti halnya Doraemon dan Nobita. Mereka memang seringkali berselisih, tapi mereka juga tak terpisahkan.

IPA vs IPS, Masalah Klasik Kegalauan Siswa SMA

Ini adalah masalah klasik siswa SMA, pada saat penjurusan mereka dipusingkan dengan memilih jurusan yang akan menentukan masa depannya. IPA, IPS dan Bahasa menjadi pikiran utama di otak mereka, mungkin di banyak sekolah jurusan Bahasa sudah tidak dibuka lagi.
Sebenarnya apapun jurusan yang teman-teman pilih bukan menjadi masalah asalkan memang cocok bagi kita semua. Tapi masalahnya ‘Apakah kita tahu yang cocok bagi diri kita?’ Dalam menentukan sesuatu kita jangan memaksakan ego kita menguasai segalanya, tanyakan dan konsultasikan pada guru, wali kelas, BK, dan yang penting orang tua.
Dalam kehidupan sehari-hari IPA dan IPS selalu hidup berdampingan dengan harmonis. Guru IPS saya pernah bercerita bahwa sekitar tahun 80-an pemerintah akan membangun waduk di Madura maka didatangkanlah para engineer dari ITB, ITS, UI, dsb. Tetapi karena para engineer tersebut
tidak memiliki kemampuan sosial yang baik maka pada saat mereka akan membangun waduk tersebut ratusan warga Madura yang tanahnya terpakai datang dan membawa clurit untuk mencincang mereka, gagallah proyek tersebut. Dari peristiwa tersebut para ahli mulai sadar betapa pentingnya ilmu sosiologi dalam menghadapi masyarakat.
Teman-teman sekalian, jadi apapun jurusan yang kita pilih itu bagus tergantung dari bagaimana kita memanfaatkan dan mengondisikan diri di jurusan tersebut, percuma masuk IPA tapi selalu mendapat nilai jelek dan hampir tidak naik kelas. Saya pernah mendengar dari teman IPS saya :
“Daripada menjadi ‘budak’ di IPA, Lebih baik menjadi ‘raja’ di IPS”.
Yah, apapun maksud dari perkataan itu tapi saya menyarankan pada kalian semua tolong jangan jadi ‘LOSER‘. Yakinkan dalam hati kalian, ‘saya memilih jurusan A karena saya ingin, bukan karena saya tidak masuk jurusan B’. Oke?
Memilih jurusan bagi kalangan pelajar SMA merupakan sebuah masalah yang diibaratkan sebagai permulaan untuk membangun masa depan, ibarat seperti memilih bibit yang cocok untuk menanam sebuah pohon yang berkualitas.
So, kali ini kita akan membahas tentang perselisihan akan perbedaan dari IPA dan IPS, dan beberapa pandangan terhadap kedua jurusan tersebut.

Benarkah IPA Lebih Baik ?
Pada problem pertama banyak kawan-kawan yang mungkin berpandangan bahwa jurusan IPA lebih baik dibanding IPS. Jawaban itu tidak logis dan kami mengatakan itu salah besar. Ada yang beranggapan hal tersebut wajar, karena jurusan IPA memiliki lebih banyak jalur menuju Perguruan Tinggi ketimbang IPS, bahkan IPA-pun bisa masuk Jurusan IPS di Perguruan Tinggi nanti. Banyak lulusan IPA yang kuliah di Manajemen, Akuntansi, Politik, FIKOM, dsb. Kemudian hampir di semua sekolah setiap kelas yang siswanya masuk 10 besar (ranking teratas) masuk ke jurusan IPA dan yang masuk IPS biasanya yang mendapat rangking bawah.
Dari alasan di atas maka wajarlah bila orang berpendapat bahwa IPA lebih bagus dari IPS.

Apakah IPS seburuk itu ?
Tidak, jurusan IPS dibuat pasti dengan tujuan tertentu. Di dalam jurusan IPS kita akan dididik berbagai ilmu sosial dan kemasyarakatan, kita pun akan dilatih agar menjadi manusia yang kritis dan memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi. Hal-hal seperti inilah yang tidak dimiliki oleh pelajar
di Jurusan IPA.                                                                                     

Benarkah Anak-Anak IPS Dicap Sebagai Anak Nakal ?
Problem kedua menjelaskan kepada kita bahwa adanya ketakutan seorang siswa menjadi nakal ataupun ingin bergabung dengan kawan-kawannya yang juga bersifat nakal! Sehingga banyak siswa yang berpandangan bahwa “Jika dia masuk ke jurusan IPS dia akan di cap sebagai anak bandel/nakal".
Ulasan tadi merupakan hasil dari negative thinking orang banyak tantang perlakuan anak IPS, sebenarnya citra baik dan buruknya seseorang berada didalam dirinya sendiri. Jika kebanyakan siswa ada yang mengalami hal seperti ini, cobalah berpandangan positif. Jika sobat tidak merasa sebagai anak nakal, tidak usah ditanggapi tentang bagaimana orang menilai kelas sobat sebagai anak IPS
nantinya, tetapi coba tunjukkan dengan prestasi sobat bahwa tidak selamanya jurusan IPS itu kelas untuk anak-anak nakal.

Plus Minus Jurusan IPA Dan IPS
JURUSAN IPA (BANYAK METODE ILMIAH)
Jurusan IPA banyak berhubungan dengan teknologi, berhitung dan mengamati fenomena alam.
Mempelajari ilmu pasti dan alam atau eksakta. Lengket dengan metode ilmiah yang mengutamakan percobaan-percobaan dan tes yang penuh logika. Jawaban atas pertanyaan soal adalah pasti tidak bisa diganggu gugat. Cocok untuk yang berminat pada teknik, sains dan perkembangan teknologi, berhitung dan mengamati fenomena makhluk hidup dan alam sekitarnya.
Keunggulan:
1.       Bisa lintas jurusan begitu memilih PTN, karena jurusan ini selalu bisa survive dari segala jenis pelajaran. Ada anggapan kalau murid IPA selalu bisa beradaptasi dengan pelajaran IPS dengan mudah. Melatih kemampuan logika dan penyelesaian masalah. Sehingga dalam dunia kerja lulusan IPA juga dianggap bisa bekerja di bidang IPS.
2.       Perlu waktu dan suasana khusus untuk mempelajari satu mata pelajaran eksakta.
Kelemahan:
1.       Sering terlihat belajar terus, seperti tak ada waktu santai. Agak kurang dalam pengetahuan pergaulan.
2.       Pada akhirnya sering memilih jurusan IPS karena mengaku salah jurusan pada waktu kuliah, karena tidak kuat menjalani beberapa mata kuliah.
3.       Belum tentu bisa menggabungkan metode menghafal dan menalarkan pelajaran.
Peluang:
Ada peluang go international dengan mengikuti olimpiade sains. Pada saat kuliah nanti, bagusnya sih juga mempelajari ilmu bisnis dan marketing untuk mendukung ilmu “teknik”-nya.

JURUSAN IPS (TIDAK BISA LINTAS JURUSAN)
Jurusan IPS mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan masyarakat. Intinya sih jurusan ini mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan masyarakat. Mulai dari sosiologi, geografi, ekonomi akuntansi dan sejarah. Pelajaran-pelajaran ini terus berkembang mengikuti perkembangan
zaman. Sangat pas untuk kita yang berminat pada bidang sosial-politik, kewartawanan dan bisnis marketing.
Keunggulan:
1.       Bukan santai, tapi pelajarannya memang hanya membutuhkan penalaran saja.
2.       Saat ini, dunia kerja lebih membuka lapangan pekerjaan luas untuk jurusan sosial.
3.       Karena masih ada waktu untuk bergaul,wawasan tentang dunia pergaulan bisa lebih luas.
Kelemahan:
1.       Sangat berat bila bersaing di bidang IPA atau eksakta.
2.       Cap miring soal jurusan pelarian dan gayanya yang santai.
3.       Nggak bisa lintas jurusan.
Peluang:
Keahlian komunikasi yang baik harus ditambah dengan penguasaan bahasa asing supaya bisa menguasai dunia kerja yang makin go international ini.

PANDANGAN GURU
IPA adalah sebuah bidang ilmu yang dibedakan adalah subyek (pelajarannya) dan masing-masing mempunyai kapasitas yang tersendiri.
Apakah anak IPA dan IPS itu berbeda?
Sebetulnya anak IPA dan IPS itu sama, misalnya sama beban pelajarannya, jumlah mapel sama, dan jumlah jam pelajaran juga sama. Namun mereka berbeda pada mata pelajarnnya saja.
Pada dasarnya anak IPA dan IPS adalah sama. Karena IPS tidak selalu menjadi yang terbawah, dan IPA juga tidak akan selalu menjadi yang tertinggi.
Bagaimana Solusinya ?
Jika di antara kalian ada yang bingung dan pusing 7 keliling memikirkannya? Pertama kali mari kita introspeksi diri kita masing-masing. Kebanyakan siswa tidak berhasil di setiap jurusannya dikarenakan siswa tersebut tidak mau serius akan belajar dan menciptakan kreasi – kreasi baru. Bukan zamannya lagi sobat mempertentangkan antara jurusan IPA atau IPS, coba beranggapan jika salah satu tidak
Ada. Oke kita anggap IPS tidak ada, bagaimana dengan keadaan negara tanpa pemimpin? Bagaimana keadaan sistem hukum di negara ini? Bagaimana dengan keuangan negara? Tak terbayangkan jika salah satunya (IPA atau IPS) tidak ada!
So, bangunlah kepribadianmu dan berpikiran positiflah selalu, hingga akhirnya kita siap dan yakin akan pilihan kita tersebut. Bekerja dan belajar haruslah ikhlas bukan karena paksaan dan faktor pujian belaka.
IPA dan IPS Itu Bersahabat.


Monday 25 June 2012

Facebook vs Twitter, Mana yang Menang?


Hai sobat, kamu pasti tahu Facebook dan Twitter, kan? Kalau yang gak tahu, tempe aja daaah. J Sebelumnya perlu diketahui, Ikhwan adalah pengguna kedua jejaring tersebut. Di sini Ikhwan mau coba bandingkan antara Facebook dan Twitter. Dan kesimpulan yang Ikhwan ambil adalah Facebook sebagai pemenang. Kenapa? Mari kita ulas.
Twitter memiliki kelebihan yang sudah menjadi ciri khas mereka. Istilah-istilah seperti follow, follower, tweet, mention, ataupun retweet sudah akrab di telinga kita para tweeps (pengguna twitter). Dulu, itu adalah beberapa keunggulan Twitter dibanding Facebook. Tapi ternyata Kak Mark Zuckerberg tidak ingin mengikuti jejak Friendster yang diam ditempat dan akhirnya punah karena keberadaan jejaring sosial lain. Sekarang, Facebook juga memiliki fitur-fitur tersebut namun dengan istilah yang berbeda. Apa saja itu?
Follow –> Subscribe
Awalnya FB hanya membatasi jumlah Friend Request atau Permintaan Pertemanan pada tiap akun sejumlah 1000 request. Ya, memang sampai saat ini peraturan tersebut masih berlaku. Tapi kini sudah ada fitur subscribe (langganan). Dimana fitur tersebut fungsinya seperti halnya follow, yaitu mengikuti perkembangan akun yang kita subscribe tanpa harus menjadi teman akun yang bersangkutan. Dan untuk subscribe akun biasanya tidak perlu persetujuan yang bersangkutan (kecuali disetting khusus).

Follower –> Subscriber
Sama seperti halnya follower, jika kita men-subscribe (berlangganan) akun orang, maka home/beranda FB kita akan diisi oleh postingan akun-akun yang kita subscribe tersebut. Jika friend dalam satu akun hanya dibatasi 5000 orang, tidak halnya dengan Subscriber/Pelanggan. Fitur ini tidak membatas jumlah subscriber dalam satu akun.

Mention –> Tag
Salah satu ciri khas Twitter adalah fitur mention dengan tanda @. Dan sekali lagi, Facebook pun juga menyediakan fitur yang kurang lebih sama. Kita bisa mention kawan kita dalam status, foto, video, catatan, bahkan komentar. Dan orang yang kita tag akan mendapat notif atau pemberitahuan di FB mereka.

Retweet –> Share
Jika di twitter ada fitur retweet (RT) untuk menyebarkan sebuah postingan dari orang lain, di FB pun ada fitur serupa yang dinamakan share/bagikan. Dalam fitur share ini; status, foto, video, catatan, atau bahkan sebuah link situs bisa kita sebarkan ke kawan-kawan kita (friend/subscriber) dalam bentuk postingan yang mengarah pada link dari postingan asli yang bersangkutan. Asiknya, kita bisa memilih mau share postingan tersebut di FB sendiri, FB teman, atau dalam grup dan page/halaman.

Dan sekarang kita akan bahas beberapa kelebihan Facebook yang tidak dimiliki oleh Twitter.
Jumlah karakter postingan
Ini salah satu yang menjadi pembeda paling mencolok antara keduanya. Jika twitter hanya membatas maksimal karakter tweet 140-180 karakter, maka Facebook tidak membatasi sama sekali baik ketika akan update status atau komentar. Pembatasan inilah yang akhirnya menimbulkan istilah Kultwit pada Twitter yang berarti Kuliah Tweet. Dimana kultwit ini menyebabkan timeline (home) twitter kita jadi penuh oleh postingan satu orang. Padahal jika di facebook, postingan-postingan itu bisa dijadikan satu dalam bentuk status, foto, atau catatan dan tidak perlu memenuhi home/beranda kawan kita dengan postingan yang berderet-deret.
Aplikasi Games
Salah satu fitur yang membuat betah para fesbuker tentu saja. Dengan beragam aplikasi dan game yang tersedia di Facebook, tentu saja membuat Fesbuker tidak pernah bosan walaupun notif selalu sepi atau status kita tidak ada yang mengomentari. Jika di twitter, kalau timeline sepi apalagi ga ada yang mention, pasti bakal langsung signout.
Thread Comment
Di twitter, jika seseorang memposting tweet, kita sebagai follower tidak tau apa komentar dari orang-orang terhadap tweet tersebut. Paling banter mungkin orang itu hanya memberi deskripsi dan kesimpulan tanggapan orang-orang terhadap tweetnya tadi. Sedangkan jika seperti itu, sangat mudah untuk merekayasa. Seolah twitter itu adalah orang yang berbicara satu sisi pandang. Di facebook, seluruh aktivitas bisa dilihat dan dikomentari (jika disetting demikian). Mulai dari postingan status, foto, tautan, video, dll. Dan pembicaraan bisa menjadi semacam diskusi antara pemosting dan komentator yang kontra dengan TS (thread starter).

Chat
Dalam fitur ini, kita bisa mengobrol secara pribadi dengan kawan kita melalui chat. Dengan fitur ini pula, kita bisa mengetahui kawan-kawan kita yang sedang online. Sedangkan twitter tidak mengeluarkan fitur chat.

Sundul postingan
Fitur ini bukan seperti fitur di dalam grup, tapi sebetulnya ini adalah salah satu fitur dari “seluruh aktivitas bisa dilihat dan dikomentari”. Ya, dengan fitur ini, aktivitas kita yang mengomentari/nge-like postingan sendiri (maupun postingan orang lain) bisa terlihat di beranda/home kawan kita. Sehingga secara tidak langsung, postingan yang kita like atau komentari itu akan naik juga. Sangat menyenangkan jika postingan-postingan lawas bisa terangkat kembali :)

Kesimpulan
Twitter mungkin cocok bagi figur terkenal yang memiliki banyak fans. Maka dari itu banyak artis atau brand terkenal yang memiliki akun twitter dan aktif di sana. Sebetulnya FB pun juga ada yang namanya FanPage, tapi mungkin bagi orang sesibuk mereka, mengakses Twitter lebih simpel dibanding FanPage FB.
Twitter mungkin masih punya kartu AS yang tidak dimiliki FB, yaitu #HashTag dan Trending Topic. Tapi sepertinya itu bukanlah sebuah fitur yang mengancam pengguna FB untuk beralih ke Twitter. Dan dengan segala fitur yang ada di Facebook yang tidak dimiliki Twitter, dan banyak fitur di Twitter yang ada di Facebook, membuat jarak keunggulan yang jauh antar kedua jejaring ini. Tidak heran jika rata-rata pengguna Facebook memiliki waktu online yang lebih lama (3 jam) dibanding pengguna Twitter (15-20 menit).
Tapi kembali pada masing-masing orang. Biasanya orang akan lebih aktif di tempat yang banyak temannya aktif disana.


Perkembangan Rahim dalam Al-Qur'an, Subhaallah.


Jauh sebelum sains modern menemukan proses pembentukan embrio manusia,  pada ke-7 M Alquran  telah menjelaskan proses pembentukan embrio manusia.  Prof Keith L Moore, guru besar Departemen Anatomi dan Biologi Sel Universitas Toronto pun telah membuktikan kebenaran firman Allah SWT itu.
“Saya tak tahu apa-apa tentang agama, namun saya meyakini kebenaran fakta yang terkandung dalam Alquran dan sunah,” papar Moore yang terkagum-kagum dengan kandungan Alquran yang secara akurat menjelaskan perkembangan embrio manusia.
Alquran secara gamblang telah menjelaskan proses pembentukan embrio manusia. Alquran telah berbicara tentang pertumbuhan janin di dalam perut ibu fase demi fase, padahal janin dan pertumbuhannya tidaklah terlihat dengan mata kepala dan tidak mungkin juga dijelaskan hanya dengan duga dan kira.
Sains modern baru mengetahui proses penciptaan di alam rahim setelah ditemukannya  alat–alat pemeriksaan modern. “Saya sungguh sangat membahagiakan bisa membantu mengklarifikasi pernyataan Alquran tentang perkembangan manusia. Jelaslah bagi saya, pernyataan (Alquran) itu pastilah turun kepada Muhammad dari Tuhan,” papar Moore, ilmuwan terkemuka dalam bidang anatomi dan embriologi.
Proses penciptaan manusia di dalam rahim dijelaskan dalam Alquran surat al-Mu’minun ayat 12-14.  ”Dan, sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. Kemudian, Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian, air mani itu Kami jadikan segumpal darah. Lalu, segumpal darah itu kami jadikan segumpal daging dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang. Lalu, tulang belulang itu Kami bungkus daging. Kemudian, Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain ….”
Dari ayat tersebut dapat disimpulkan adanya enam fase terbentuknya janin dalam rahim.  Tahap pertama penciptaan janin  disebut Sulalah dimulai dari  saripati mani. Allah menjelaskan bahwa manusia diciptakan “ dari saripati air yang hina (air mani)”. Manusia bukan diciptakan dari seluruh mani yang keluar dari suami – istri, tapi hanya dari bagian yang sangat halus. Itulah yang dimaksud dengan “ Sulalah”
Menurut riset yang telah diteliti oleh para ahli sekarang, bahwa manusia itu tercipta dari satu sperma saja. Itu sangat sedikit sekali bila dibanding dengan sperma yang keluar dari laki-laki yang mencapai jutaan sperma.  Sulalah adalah kata yang paling tepat dan cocok untuk menggambarkan proses terbentuknya janin ini, karena satu dari jutaan sperma ini bergerak menuju ke rahim untuk membuahi ovum dari wanita.
Tahap kedua disebut  Alaqoh. “Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah ( ‘Alaqoh ).”  ‘Alaqoh berarti juga nama dari binatang kecil yang hidup di air dan di tanah yang terkadang menempel di mulut binatang pada waktu minum di rawa – rawa (yaitu sebangsa lintah ).
Bentuk janin pada fase ini sangat mirip sekali dengan binatang lintah tersebut. Bahkan kalau keduanya difoto bersamaan, niscaya manusia tidak akan bisa membedakkan bentuk dan gambar keduanya.
Tahap ketiga, Mudghah (Segumpal Daging). Dalam kelanjutan surat al-Mukminun dijelaskan ”Lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging.” Tahap keempat ditandai dengan muncul dan tumbuhnya tulang. “Dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang.”
Para ahli dan spesialis dalam bidang medis telah menyimpulkan bahwa tulang itu muncul sebelum daging sebagai penutupnya. Setelah itu barulah muncul daging. Ini hanya baru diketahui oleh para ahli pada zaman sekarang, itu pun dengan bantuan alat – alat fotografi.
Tahap kelima, pembungkusan tulang dengan daging. “Lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging…”  Didahulukannya penciptaan tulang sebelum daging, itu karena daging butuh kepada tulang untuk menempel padanya. Maka tulang mesti sudah ada sebelum daging.
Tahap keenam  adalah perubahan janin ke bentuk yang lain. “Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain...”  Menurut Dr Ahmad Hamid Ahmad, bersama dengan berakhirnya pekan ketujuh, panjang Mudghah sudah mencapai 8 – 16 milimeter”
Termasuk yang membedakan pada periode ini adalah: bahwa bentuk tulang berbentuk bengkok menyerupai bulan sabit, kemudian mulai berubah lurus dan tegap. Di tambah lagi ada sesuatu yang membedakan janin dengan makhluk hidup yang lain, yaitu sempurnanya bentuk tubuh pada pekan kedelapan.
Dalam sebuah hadis Rasulullah SAW bersabda, ”Seseorang dari kamu ditempatkan penciptaannya di dalam perut ibunya dalam selama empat puluh hari, kemudian menjadi `alaqah selama itu pula (40 hari), kemudian menjadi mudhghah selama itu pula (40 hari); kemudian Allah mengutus seorang malaikat lalu diperintahkan empat kalimat (hal), dan dikatakan kepadanya: Tulislah amal, rizki dan ajalnya, serta celaka atau bahagia-(nya); kemudian ditiupkan ruh padanya.” (Hadits riwayat Imam al-Bukhari dari `Abdullah).
Begitulah, proses penciptaan janin di dalam rahim seorang ibu, hingga akhirnya melahirkan di usia kehamilan sembilan bulan. Sungguh  Maha Sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik.


Sunday 24 June 2012

Kucing, Binatang Bebas Kuman. Benarkah?

Penelitian menyebutkan bahwa kucing memiliki bagian khusus yang tidak dimiliki binatang lain. Apa saja itu?
1.       Pada kulit kucing terdapat otot yang berfungsi untuk menolak telur bakteri. Otot kucing itu juga dapat menyesuaikan dengan sentuhan otot manusia.
2.       Pada permukaan lidah kucing tertutupi oleh berbagai benjolan kecil yang runcing, benjolan ini bengkok mengerucut seperti kikir atau gergaji. Bentuk ini sangat berguna untuk membersihkan kulit. Ketika kucing minum, tidak ada setetes pun cairan yang jatuh dari lidahnya.
3.       Lidah kucing merupakan alat pembersih yang paling canggih, permukaannya yang kasar bisa membuang bulu-bulu mati dan membersihkan bulu-bulu yang tersisa di badannya.

Telah dilakukan berbagai penelitian terhadap kucing dan berbagai perbedaan usia, perbedaan posisi kulit, punggung, bagian dalam telapak kaki, pelindung mulut, dan ekor. Pada bagian-bagian tersebut dilakukan pengambilan sampel dengan usapan. Di samping itu, dilakukan juga penanaman kuman pada bagian-bagian khusus. Terus diambil juga cairan khusus yang ada pada dinding dalam mulut dan lidahnya.

Hasil yang didapatkan adalah:
1.       Hasil yang diambil dari kulit luar ternyata negatif berkuman, meskipun dilakukan berulang-ulang.
2.       Perbandingan yang ditanamkan kuman memberikan hasil negatif sekitar 80%jika dilihat dari cairan yang diambil dari dinding mulut.
3.       Cairan yang diambil dari permukaan lidah juga memberikan hasil negatif berkuman.
4.       Hanya sedikit sekali kuman yang ditemukan saat proses penelitian, kuman itu masuk kelompok kuman yang dianggap sebagai kuman biasa yang berkembang pada tubuh manusia dalam jumlah yang terbatas seperti, enterobacter, streptococcus, dan taphylococcus. Jumlahnya kurang dan 50 ribu pertumbuhan.
5.       Tidak ditemukan kelompok kuman yang beragam.
6.       Berbagai sumber yang dapat dipercaya dan hasil penelitian laboratorium menyimpulkan bahwa kucing tidak memiliki kuman dan mikroba. Liurnya bersih dan membersihkan.

Komentar Para Dokter yang Bergelut dalam Bidang Kuman adalah sebagai berikut :
1.      Dr. George Maqshud, ketua laboratorium di Rumah Sakit Hewan Baitharah, jarang sekali ditemukan adanya kuman pada lidah kucing. Jika kuman itu ada, maka kucing itu akan sakit.
2.      Dr. Gen Gustafsirl menemukan bahwa kuman yang paling banyak terdapat pada anjing, manusia 1/4 anjing, kucing 1/2 manusia.
3.      Sa'id Rafah Dokter hewan di rumah sakit hewan Damaskus, menegaskan bahwa kucing memiliki perangkat pembersih yang bemama lysozyme
4.      Kucing tidak suka air karena air merupakan tempat yang sangat subur untuk pertumbuhan bakteri, terlebih pada genangan air (lumpur, genangan hujan, dll). Kucing juga sangat menjaga kestabilan kehangatan tubuhnya. Ia tdk banyak berjemur dan tidak dekat2 dgn air. Tujuannya agar bakteri tidak berpindah kepadanya. Inilah yang menjadi faktor tidak adanya kuman pada tubuh kucing.

Inilah 10 Pedoman Menetapkan Tujuan

Ketika kamu hendak menetapkan tujuan, hendaknya mengikuti pedoman-pedoman di bawah ini. Ini adalah kutipan dari buku ‘Buku Pintar Remaja Berbakat’ karya Judy Galbraith, M.A. dan Jim Delise, Ph.D. Walau mungkin tidak begitu penting, tetapi setidaknya pedoman berikut mampu memudahkanmu dalam menetapkan tujuan apapun itu. Baiklah, inilah 10 pedoman menetapkan tujuan.


Saturday 23 June 2012

Matematika, Si Raja Ilmu Pengetahuan


Pada postingan kali ini Sinyal Pintar mau bahas sedikit tentang matematika. Ya, matematika. Ini merupakan mata pelajaran favoritku. Mengapa aku sangat menyukai matematika? Inilah alasannya. Check it out...

Matematika memang benar-benar ilmu yang harus dikuasai oleh setiap orang yang ingin sukses dalam segala bidang. Matematika tidak hanya menjadi “makanan” para siswa di sekolah, tetapi juga dibutuhkan oleh semua lapisan masyarakat di dunia. Pedangang, petani, pegawai, dan profesi-profesi lainnya secara tidak langsung sebenarnya telah menggunakan matematika dalam menggeluti bidangnya. Pedagang tentu menggunakannya dalam transaksi pembayaran. Petani menggunakannya dalam perkiraan bibit yang diperlukan sampai pencacahan hasil. Apalagi pegawai, dokter, guru, dan lainnya. Semua orang tidak bisa lepas dari matematika.
Matematika dibutuhkan oleh manusia untuk menyelesaikan berbagai masalah, khususnya dalam hal hitung-menghitung. Takaran obat yang pas, penghitungan suhu, pembuatan program komputer, pencampuran zat-zat kimia dalam suatu produk, dan lain-lain memerlukan pengetahuan matematika yang cukup. Lebih dari itu, matematika pun secara tidak langsung mengajarkan mengenai arti kejujuran. Mengapa? Orang yang bisa bermatematika – setidaknya matematika dasar – tidak akan bisa dibohongi. Ia akan sadar jika sebuah penghitungan salah. Inilah yang membuat matematika menjadi raja ilmu pengetahuan. Semua ilmu pengetahuan pasti menginduk padanya dan tak pernah bisa lepas.
Telah diketahui bersama, kehebatan matematika telah melahirkan ilmuwan-ilmuwan terkemuka di dunia seperti Alexander Graham Bell, Galileo, Al-Khawarizmi, dan masih banyak lagi. Nah, berdasarkan hal tersebut, marilah kita belajar mencintai matematika, karena sebenarnya matematika bukanlah ilmu yang sulit, tetapi matematika adalah ilmu yang membutuhka perhatian dan pengertian darimu. Mulai saat ini, katakan “SAYA CINTA MATEMATIKA!”

Sunday 10 June 2012

Aplikasi Bagus, Qur’an dan Terjemahannya Untuk Komputer


Setelah kemarin ngasih aplikasi Pallawa, sekarang Ikhwan mau bagi-bagi aplikasi bagus lagi. Sesuai judul di atas, Ikhwan mau ngasih aplikasi QuranDigital untuk komputermu. Aplikasi ini memuat seluruh isi Al-Quran 30 Juz beserta terjemahan, tafsiran, dan asbabun nuzul (sebab turunnya ayat). Cocok banget buat kamu yang pengin lebih tau isi Al-Quran dengan mudah. Oke, Ikhwan bahas mulai dari bagian-bagiannya.
Tampilan Pembuka

Halama Awal

Bagian-bagian dalam QuranDigital adalah sebagai berikut.
1.       Toolbar; terdiri atas tombol Hide (untuk menyembunyikan tab), Back (kembali ke halaman sebelumnya), Next (untuk menuju ke halaman selanjutnya), Options (berisi beberapa pilihan untuk mengedit pengaturan), dan Web Help.
2.       Tab; terdiri atas :
       - Contents; berisi daftar isiyang memuat surat-surat Al-Quran.

       - Indeks; berisi daftar kategori surat-surat Al-Quran.

       - Search; digunakan untuk mencari kata atau surat Al-Quran.

       Favorites; berisi daftar surat atau kategori yang telah kamu masukkan di daftar favorit.


Nah, itulah bagian-bagiannya. Bagaimana? Tertarik? Oke, langsung saja sedot di sini.


Artikel Acak

Download aplikasi Sinyal Pintar
Mobile | Web
Copyright © 2012-2015 SinyalPintar
All right reserved
Blog milik Ikhwanul Muslimin
Kebumen-Bandung, Indonesia