Wednesday 6 March 2013

Tips Sukses Ujian Nasional (UN) 2013


Ujian Nasional sudah di depan mata, tinggal menghitung hari saja. Berbagai jenis pelatihan seperti Tes Uji Coba (TUC) dilaksanakan di sekolah. Kegiatan les pun dilakukan setiap hari. Semua ini dimaksudkan untuk mempersiapkan siswa-siswa agar bisa mencapai hasil yang maksimal. Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk menghadapi UN dengan sukses. Inilah Tips Sukses Ujian Nasional (UN) 2013.


1.       Disiplin
Inilah kunci pertama yang harus dipenuhi. Sukses itu milik orang yang disiplin, baik disiplin mengatur waktunya, penjadwalannya, dan lain-lain. Misalnya kapan dia belajar, kapan dia tidur, kapan dia bermain, dia harus melaksanakannya. Seseorang yang ingin sukses harus bisa menahan nafsunya ketika ia harus melakukan sesuatu yang telah dijadwalkan. Kalau memang sudah waktunya, ya harus dilakukan. Jangan suka menunda-nunda pekerjaan. Kata Mario Teguh, “Tundalah menunda-nunda.”

2.       Jujur
Ini yang biasanya berat dilakukan oleh para siswa. Susah sekali untuk berlaku jujur ketika dia belum paham akan suatu materi. Ketika gurunya bertanya, “Apakah sudah paham?”, kebanyakan para siswa menjawab, “Sudah, Pak...”. Tetapi kenyataannya pada waktu TUC diselenggarakan, banyak yang tak berkutik mengerjakannya. Dan setelah selesai, semuanya gelisah! Seharusnya, kalau memang belum paham ya katakan saja belum paham. Malu? Justru dengan kamu bertanya sebenarnya kamu akan mendapatkan penghargaan dari teman-temanmu. Karena dengan bertanya, berarti kamu memperhatikan penjelasan guru. Ingatlah Malu Bertanya Sesat di Jalan.

3.       PeDe
Percaya diri itu penting! Tetapi susah diterapkan. Hampir sama dengan kejujuran. Kebanyakan siswa susah sekali untuk percaya terhadap jawabannya sendiri. Terbukti saat TUC dilangsungkan, tengak-tengok sana-sini mencari jawaban. Dan sayangnya, pengawas juga terkesan membiarkan.
Padahal belum tentu jawaban yang ia dapatkan itu benar. Terkadang, jawaban kita malah yang benar. Siapa yang rugi kalau seperti ini? Tentu kita sendiri, ya kan? Makanya, berlakulah PD, percaya terhadap dirimu sendiri. Tidak tahukah kamu, bahwa paket soal untuk UN 2013 ada 20?

4.       Sungguh-Sungguh
Ini juga penting. Jangan ogah-ogahan! Belajarlah dengan sungguh-sungguh untuk mencapai hasil yang maksimal. Jangan sampai kamu menyesal nantinya setelah UN. Kalau nilaimu baik itu juga untukmu. Kalau jelek, kamu juga yang rugi. Saat ini, lulus saja tidak cukup. Kamu harus bisa mendapatkan nilai semaksimal mungkin. Pada saat TUC, juga kerjakan dengan sungguh-sungguh. Jangan karena hanya sekadar TUC, kamu sembarang mengerjakan soal, dan tidak sungguh-sungguh. Padahal, TUC merupakan tolok ukur seberapa jauh kamu memahami materi UN.

5.       Berdoalah
Selain berusaha secara horizontal, seperti belajar, berdoa juga jangan dilupakan. Ini sangat penting. Semuanya ada yang berkehendak. Berdoalah kepada Allah dengan mengharap diterima/dikabulkan, dan takut jika tidak dikabulkan.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghadapi UN. Sebenarnya tip di atas tidak hanya untuk UN, bisa untuk semua jenis tes, baik itu UTS/Mid Semester, UKK, dan lain-lain. Semoga bagi kamu yang akan menghadapi UN (atau tes apa saja) diberi kemudahan oleh-Nya. Amiin.




Mari berbagi tulisan!

Artikel Terkait

Komentar
0 Komentar

Bookmark Sinyal Pintar

Copy-Pastekan kode ini untuk bookmark Sinyal Pintar di blog/website-mu.
Teks

Banner