Tuesday 26 June 2012

Doraemon dan Nobita, Simbol Persahabatan Sejati


Kamu mungkin salah satu orang yang pernah merasakan kasih sayang sahabat. Arti sahabat dalam kehidupan memang sangatlah besar. Memiliki seorang sahabat tentu menyenangkan dan membuat hidup lebih berwarna. Kita tidak akan merasa kesepian dan punya tempat berbagi tentang hal apapun. Doraemon, nama ini tentu sudah tidak asing lagi bagi kita, bukan? Kartun dari jepang ini mengisahkan persahabatan dua tokoh utama yang sangat erat. Persahabatan antara Doraemon sendiri yang merupakan makhluk berkantong ajaib dan seorang bocah laki –laki bernama Nobita yang tampaknya selalu saja tertimpa masalah.
Kamu yang pernah menonton kartun ini, mungkin tidak pernah menyadari bahwa kartun ini menyimpan banyak hikmah. Kartun ini juga menceritakan tentang bagaimana besarnya kasih sayang sahabat antara Doraemon dan Nobita. Serial Doraemon sendiri selalu menyuguhkan cerita yang berbeda – beda tiap episodenya. Namun, kamu bisa melihat kesamaan dalam alur cerita kartun ini.
Serial ini biasanya selalu diawali dengan Nobita yang memiliki suatu masalah. Setelah itu muncul Doraemon yang memang memiliki sebuah kantong ajaib dan Doraemon bisa mengeluarkan berbagai jenis barang dari kantong ini. Nobita pun sering di gambarkan memohon – mohon sambil menangis meraung – raung pada doraemon untuk mengeluarkan sebuah barang yang bisa membantu untuk menyelesaikan masalah. Doraemon selalu merasa tidak tega, akhirnya mengabulkan permintaan Nobita. Masalahpun berlanjut, biasanya barang ajaib dari Doraemon hilang, rusak atau diambil oleh Giant maupun Suneo. Setelah itu, Nobita akan kembali meminta bantuan Doraemon untuk menyelesaikan masalahnya yang semakin rumit.
Dan tentu saja, sebagai sahabat yang baik Doraemon sering mengabulkan permintaan Nobita itu. Makna Cerita Doraemon Kartun ini menunjukkan bahwa dengan memiliki seorang sahabat, kita akan bisa menyelesaikan masalah akan lebih mudah. Tapi, sebagai sahabat yang baik, kita tidak boleh datang pada sahabat hanya ketika sedang susah (seperti yang sering dilakukan oleh Nobita pada Doraemon). Berbagi keceriaan dan kebahagiaan pun sangat penting untuk menjaga sebuah kasih sayang sahabat terhadap kita agar tali persahabatan bisa awet. Sebagai sahabat, kita harus mencontoh Doraemon yang selalu setia dan siap membantu. Kitapun harus seperti doraemon yang selalu menjaga kasih sayang sahabat terhadap kita. Saat sahabat mengalami masalah, kita tentu akan ikut sedih dan sebaiknya selalu ikut memikirkan solusi apa yang harus digunakan untuk memecahkan masalah.
Tak peduli seberapa sering sahabat melakukan kesalahan dan ceroboh dalam menghadapi masalah, Doraemon selalu siapa membantu, bahkan saat barangnya dirusak atau dihilangkan, ia tetap siap membantu. Kita sebaiknya mencontoh sikap seperti ini. Selalu membantu memang baik, tapi ada kalanya kita harus berusaha menyadarkan sahabat kita yang mungkin “nakal”seperti Nobita. Doraemonpun pernah sesekali tidak mengabulkan permintaan Nobita. Kita juga bisa meniru hal ini. Bukan karena tak ingin membantu dan melihat sahabat kita kesusahan., tapi hal ini untuk menyadarkan sahabat kita bahwa iapun harus belajar untuk dewasa, tidak tergantung pada orang lain dan bisa terlatih untuk menyelesaikan permasalahannya sendiri.
Peneguran secara tidak langsung seperti ini juga merupakan suatu bentuk kasih sayang sahabat, karena kita sebagai sahabat yang baik harus mengajarkan bahwa hidup itu harus mandiri. Kita juga tentu ingin melihat sahabat kita berubah jadi leih baik, bukan? Doraemon juga sering sekali menyuruh Nobita untuk belajar.
Suatu ajakan, anjuran, atau nasehat kebaikan yang dilakukan oleh Doraemon adalah bentuk kasih sayang sahabat, dimana dia tidak ingin sahabatnya (Nobita) selalu dilukai dan melakukan kesalahan terus – menerus. Ternyata kartun doraeon mengajarkan pada kita semua, bahwa kasih sayang sahabat adalah hal yang paling penting dalam kehidupan. Bila kita memiliki seorang sahabat, peliharalah persahabatan itu dengan baik, seperti halnya Doraemon dan Nobita. Mereka memang seringkali berselisih, tapi mereka juga tak terpisahkan.



Mari berbagi tulisan!

Artikel Terkait

Komentar
4 Komentar

4 comments:

Bookmark Sinyal Pintar

Copy-Pastekan kode ini untuk bookmark Sinyal Pintar di blog/website-mu.
Teks

Banner