Thursday 17 October 2013

Inilah Alasan Orang Bisa Lupa

Kalian ingat pelajaran biologi mengenai ciri-ciri makhluk hidup? Ada Sembilan ciri makhluk hidup yang diakui. Tetapi para ilmuan lupa akan ciri makhluk hidup yang kesepuluh. Yaitu LUPA.


Secara medis, lupa atau tidak ingat merupakan ketidakmampuan seseorang untuk mengungkapkan apa yang ada di dalam memori otaknya. Beberapa hal bisa menjadi penyebab seseorang mudah lupa seperti terlalu banyak informasi yang diterima oleh otak (overload), adanya penyakit yang mengakibatkan lupa atau kondisi lainnya.


Kapasitas penyimpanan memori di dalam otak jauh melebihi kapasitas hardisk komputer terbesar sekalipun. Otak memiliki kemampuan menangani algoritma rumit secara bersamaan dalam jumlah tak terbatas, jauh melebihi kemampuan prosesor computer tercanggih sekalipun.

 Tetapi mengapa kita masih bisa lupa? Konon, pikiran kita akan bekerja berdasarkan “ingat” dan “lupa”. Pikiran kita tidak bisa bekerja untuk lupa dan untuk ingat dalam satu waktu. Lupa dan ingat akan dilakukan secara bergantian dalam tingkat kecepatan yang sangat maha super. Misalnya kalau anda ingat kebaikan orang, saat itu juga kita melupakan kejelekannya. Sebaliknya, kalau kita mengingat kejelekannya, maka saat itu juga kita melupakan kebaikannya. Adapun penyebab lupa sebagai berikut.

Kurang Tidur
Ketika besoknya ada ujian atau semacam percobaan. Maka anda malamnya bekerja keras hingga sampai larut malam untuk menghapalkan sesuatu atau istilahnya kebut satu malam. Hal ini sebaiknya janganlah sering dilakukan. Kenapa? karena jika malamnya anda begadang, maka besoknya sudah pasti dengan otomatis mata anda mengatuk dan pikiran selalu ingin tidur. Nah, dari sanalah ketidak fokusanpun muncul dan terjadilah penyakit lupa.

Gangguan Fisik
Terjadi benturan kuat pada kepala dapat membuat sistem memori otak tiba-tiba hilang. Hal demikian bisa dikarenakan perna terjadi kecelakan sehingga cidera di bagian kepala. Kejadian ini dapat membuat anda sering lupa atau bahkan menderita amnesia.

Narkoba dan Alkohol
Ketika seseorang mabuk, apakah dia ingat? tentu agak-agak lupa, sehingga daya pikirannya tidak bisa dikendalikan. Apalagi bagi seseorang pecandu narkoba, maka sel-sel otaknya akan melebah sehingga tidak terkontrol lagi ini mengkosumsi narkoba terus-terusan.

Alzheimer

Penyakit ini, disebabkan oleh hilangnya ingatan. Munculnya penyakit ini di awali dengan mudah cemas, kesal, sering marah, pikirannya kacau, dan mudah lelah. Sehingga, dikit demi sedikit penyakit ini akan membuat anda bingung lalu lupa. Bisa juga membuat seorang pikun, dengan lupa siapa saja nama-nama anggota dlam keluarga, serta apa yang sering dilakukannya sehari-hari.



Mari berbagi tulisan!

Artikel Terkait

Komentar
0 Komentar

Bookmark Sinyal Pintar

Copy-Pastekan kode ini untuk bookmark Sinyal Pintar di blog/website-mu.
Teks

Banner