Sunday 7 April 2013

AWAS! Inilah Beberapa Penyebab Harddisk Cepat Rusak



Halo sobat, selamat berjumpa kembali!
Maaf dari kemarin jarang update, karena notebook bermasalah. Harddisknya rusak. Dan inilah yang akan menjadi bahan pembicaraan kita kali ini.
Bagi kalian yang sudah biasa memakai laptop dan sejenisnya, tentu tahu dengan yang namanya harddisk. Tapi kalau belum tahu juga tidak bergitu bermasalah, sih. Makanya sekarang aku kasih tau.
Harddisk
Sobat, sebelumnya aku mau cerita pengalaman yang sungguh membuat illfeel dan menyebalkan, harddisk rusak. Ini menjadi pengalaman yang mungkin akan tetap terkenang sepanjang masa. Kenapa? Sebenarnya yang tidak begitu bermasalah, sih pada kerusakannya. Tetapi hilangnya data-data penting! Ini yang bikin aku sungguh badmood. Data-data penting seperti dokumen sekolah dan dokumen organisnasi hilang begitu saja dalam sekejap. Dan parahnya aku belum sempat backup semua data itu. Sudah begitu, harga satu harddisk dengan kapasitas 320 GB mencapai 450-500 ribu rupiah. Hassh!
Nah, oleh sebab itulah aku pengin share ini ke kalian semua, biar nggak serugi aku. Yuk disimak.
Bagi kalian yang belum tahu, ternyata harddisk itu ada umur pemakaiannya, sob. Rata-rata umurnya yaitu 3 tahunan. Tetapi terkadang pada vendor tertentu juga ada yang hanya 1-2 tahun. Tetapi juga tergantung pemakaian, sih. Tadi aku sempet tanya sama teknisi laptop, kalau pemakaiannya tiap hari, dan penggunaanya normal (maksudnya masih dalam kewajaan), 3 tahun insya allah kuat. Tetapi ada beberapa hal yang mengurangi umur harddisk. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1.     File tidak tertata rapi
Ini yang biasanya dilupakan orang. Kebanyakan menata datanya sembarangan, dan tidak rapi. Hal ini menyebabkan kinerja computer melambat. Selain itu juga menyebabkan kita mencainya menjadi lama. Sebaiknya, file-file ditata secara rapid an dimasukka ke dalam folder-folder untuk kategori tertentu. Dan disarankan juga untuk secara rutin minimal dua bulan sekali melakukan defragment disk. Caranya adalah dengan klik Start > All Programs > Accessories > Disk Defragmenter. Kemudian pilih disk yang akan didefragment, misalnya C:\. Defragment disk ini berfungsi untuk menata data di dalam harddisk. Karena walaupun kita sudah menata secara rapi di folder, tetapi ternyata di dalam harddisk belum rapi.

2.     Sering install dan uninstall software yang tidak perlu
Inilah kesalahanku. Terlalu sering install software karena penasaran, seperti apa gunanya. Lalu, kalau tidak senang langsung diuninstall. Ternyata hal ini dapat mengurangi umur harddisk kita.

3.     Tegangan listrik tidak stabil
Bagi pengguna notebook atau laptop, ini mungkin tidak akan bermasalah jika menggunakan baterai. Tetapi, yang bermasalah adalah bagi para pengguna computer desktop dengan tegagan listrik yang naik turun alias tidak stabil. Tegangan listrik yang tidak stabil ini dapat mengurangi umur harddisk.

4.     Mematikan tidak sesuai prosedur
Hal ini biasanya dilakukan oleh user yang tidak sabaran, karena terlalu sering Not Responding atau bahkan karena buru-buru sehingga tidak menggunakan perinta Shut Down untuk mematikan kompiter, tetapi menggunakan tombol power langsung. Hal ini dapat mengakibatkan harddisk cepat rusak, sob.

Nah, itulah beberapa hal yang dapat mengakibatkan harddisk cepat rusak dan berkurang umurnya. Untuk memaksimalkan umur harddisk, jagalah perawatannya. Siapkan juga backup file-file penting, agar nanti ketika harddiskmu rusak, kamu tidak akan kehilagan data sepertiku.
Sekian sharingnya, semoga bermanfaat.



Mari berbagi tulisan!

Artikel Terkait

Komentar
0 Komentar

Bookmark Sinyal Pintar

Copy-Pastekan kode ini untuk bookmark Sinyal Pintar di blog/website-mu.
Teks

Banner