Friday 11 September 2015

Lakukan Ini Jika Android Kamu Hilang



Android hilang by myphone101.net

Dewasa ini, penggunaan smartphone, khususnya platform Android meningkat sangat pesat. Melalui Android, hari ini semua orang bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan yang sebelumnya hanya bisa dilakukan lewat PC. Bahkan untuk urusan kantor sekalipun. Akun media sosial, chatting, Office, buku, bahkan data bank sekarang bisa diakses lewat ponsel. Hal ini sangat memudahkan manusia. Akan tetapi, juga cukup berbahaya ketika ponsel ini pindah tangan (hilang). Segudang akun dapat dibajak, termasuk data-data penting, seperti data bank jika kita menggunakan mobile banking. Juga data-data kantor yang tersinkronisasi lewat cloud storage.
Nah, apa yang sebaiknya kita lakukan jika kita kehilangan Android kita?


1. Coba hubungi nomor HP yang hilang itu
Kadang, HP kita bukan hilang. Akan tetapi tersimpan di tempat yang kita lupa menaruhnya. Hal yang pertama harus dilakukan adalah dengan mencoba menghubungi nomor HP yang tersemat di dalamnya. Pastikan baterai belum habis dan tidak sedang dalam kondisi silent.

2. Sebar berita kehilangan ke orang-orang
Barangkali HP tersebut bukan dicuri, tetapi ditemukan oleh orang baik yang juga sedang mencari kamu. Saat ini, informasi sudah bisa menyebar dengan sangat cepat. Jadi, kamu bisa manfaatkan ini. Namun hati-hati, jika kamu malah diteror karena kamu menyebarkan kontak kamu. 

3. Kunci dari jarak jauh
Google sudah menyiapkan pertolongan jika HP Android benar-benar hilang. Android bisa dikunci dari jarak jauh sehingga sang pencuri tidak bisa menggunakannya. Akan tetapi, untuk menggunakan cara ini, ponsel kamu harus aktif internet dan terhubung dengan layanan Google. Jadi, segera sign in ke Google jika Android kamu belum terhubung. Jika kedua syarat itu sudah terpenuhi, maka kamu dapat menguncinya dari jarak jauh. Caranya adalah sebagai berikut.
Pastikan kamu telah login menggunakan akun yang sama dengan akun yang terhubung ke Android kamu
Cari blok “Perangkat yang baru-baru ini digunakan”, di situ kamu akan melihat perangkat apa saja yang terhubung dengan akun kamu. Pastika Android kamu ada di daftar itu. Sebagai contoh, punya saya adalah S45A. Di situ akan tertera kapan terakhir kali HP itu digunakan untuk mengakses layanan Google.
Jendela perangkat yang baru-baru ini digunakan

Klik “Tinjau Perangkat”, pilih HP kamu. Kamu akan dibawa ke peta lokasi perangkat. Jika GPS kamu aktif, lokasi ini bisa akurat. Akan tetapi jika tidak aktif, atau layanan lokasi sedang dinonaktifkan, maka akan muncul lokasi terakhir saat layanan lokasi diaktifkan.
Di jendela “Tinjau Perangkat”, akan ada tiga opsi, yaitu “Deringkan”, “Kunci”, dan “Hapus”.

Jendela pengelola perangkat Android
Fitur “Deringkan” akan mengontak HP kamu lalu membunyikannya.
Fitur “Kunci” inilah yang kita bahas. Kamu bisa mengunci dari jarak jauh. Cukup tekan “Kunci”, lalu muncul popup berikut.
Popup kunci layar
Isi Sandi dan hint-nya lalu simpan. Maka Android kamu akan terkunci. Dan pencuri tidak bisa menggunakannya. Kamu bisa mencoba langkah-langkah ini sekarang.
Fitur “Hapus” untuk menghapus akses perangkat ke akun Google.

4. Log out dari seluruh akun yang terhubung ke HP kamu
Jika sang pencuri lebih cepat dari kamu, ia bisa sign laut dari akun Google, dan itu membuatmu tidak bisa melakukan langkah nomor 2. Jadi, setelah melakukan cara nomor 2, lebih baik kamu juga langsung sign out dari seluruh akun yang terhubung, terutama akun-akun yang vital, seperti data bank. Jangan lupa juga memblokir nomor HP kamu yang hilang itu, dan meminta nomor pengganti yang sama kepada operator jika kamu sangat membutuhkan nomor itu.

Nah, itulah beberapa hal yang sebaiknya kamu lakukan ketika Android kamu hilang. Akan tetapi, jika bisa, jagalah ponsel kamu dengan baik agar tidak sampai pindah tangan ke orang lain. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Berhati-hatilah dengan orang-orang di sekitar kamu, terutama apabila berada dalam daerah yang tidak begitu kondusif.



Mari berbagi tulisan!

Artikel Terkait

Komentar
0 Komentar

Bookmark Sinyal Pintar

Copy-Pastekan kode ini untuk bookmark Sinyal Pintar di blog/website-mu.
Teks

Banner