Sunday 8 November 2015

Mudahnya Belanja Lewat Aplikasi BUKALAPAK, Hanya Modal Jari!



Bukalapak Blog Competition

Sahabat Sinyal Pintar, di postingan kali ini saya ingin menceritakan pengalaman saya ketika berbelanja daring (online) via situs belanja yang sudah cukup terkenal, BUKALAPAK.com.
Memang admin belum pernah  belanja online? Kok diceritakan? Karena ada yang berbeda di BUKALAPAK. Belanjanya mudah banget, lebih mudah daripada nembak cewek, seperti di video berikut.


Oke, langsung saja bercerita.

Pengalaman pertama yang berkesan
Yap, inilah pengalaman belanja saya yang pertama kali di BUKALAPAK. Saya menggunakan aplikasi BUKALAPAK di Android yang diunduh dari Playstore. Bagi yang ingin mengunduh, ini linknya.
- Android (Playstore) klik di sini
- iOS (App Store) klik di sini

Ukurannya cukup kecil, hanya 7MB saja. Dan dengan ukuran ini, saya benar-benar terkesan dengan kemudahan yang ditawarkan. Sewaktu saya membuka aplikasinya, jejeran produk promo ditampilkan. Di menu navigasinya terdapat menu Barang Promo, Cari Barang, dan Brarang Diskon. Terdapat pula tombol Login dan Register. Tampilannya rapi dan mudah dinavigasi. Aplikasinya tidak berat, RAM saya yang hanya 512 MB pun tidak kewalahan menjalankannya.


Selanjutnya, saya mencoba untuk mendaftarkan diri dengan membuat akun baru. Sebetulnya, Bukalapak juga mendukung sistem beli tanpa login bagi kamu yang hanya ingin membeli sekali saja. Akan tetapi, saya sarankan, sih lebih baik membuat akun. Mengapa? Agar untuk perbelanjaan nantinya lebih mudah. Sistemnya mudah, kok. Cukup klik Register/Daftar, dan isi biodata. That’s it. Simple.

Home

Setelah akun baru dibuat, di menu navigasi muncul menu untuk pengguna, yaitu akun berisi Profil, Pesan, dan Buka Dompet; menu My Lapak berisi Barang Dijual, Barang Tidak Dijual, Barang Draft, dan Barang Favorit; menu Negosiasi, Transaksi, Feedback, dan Pengaturan. Selain itu juga ada menu kontak (Hubungi Kami), Aturan Penggunaan, dan Tanya Jawab.

Pencarian dengan filter andal
Setelah membuat akun, saya mencoba membeli sebuah flashdisk. Kebetulan memang flashdisk saya baru saja raib entah di mana. Saya mulai mencari dengan kata kunci “flashdisk sandisk 8GB”. Daftar barang yang relevan ditampilkan. Selanjutnya, saya melihat tombol FILTER. Saya ingin mencari hanya untuk daerah Bandung saja, agar biaya pengirimannya tidak mahal dan cepat sampai.

Filter
Di fitur FILTER, saya bisa menyaring hasil pencarian dengan sangat banyak saringan. Di antaranya adalah jenis pelapak, kondisi (baru atau lama), lokasi, gratis ongkos kirim atau tidak, dan rentang harga. Filter yang saya gunakan adalah filter lokasi untuk daerah Bandung. Yang saya suka dari filter BUKALAPAK adalah, ia menampilkan barang dari penjual-penjual yang sudah memiliki rating tinggi di urutan atas. Ini menjamin bahwa penjual tersebut bukan penipu. Faktor keamanan rasanya adalah hal yang sangat ditekankan oleh BUKALAPAK.

Hasil pencarian dan detil barang
Selanjutnya, saya mencoba membeli flashidk dari accentcomp seharga Rp46.900. Di rincian barang, ditampilkan informasi penjual dan feedback-nya, dan juga detail spesifikasi barang. Selain itu, di BUKALAPAK juga menawarkan fitur barang sejenis dan estimasi biaya. Estimasi biaya ini berguna untuk memperikaran biaya tambahan sebagai ongkos kirim.


Pembayaran yang sangat mudah
Selanjutnya, saya klik BELI. Barang langsung masuk ke keranjang belanja. Selanjutnya saya melakukan proses pembayaran barang. BUKALAPAK menggunakan sistem rekening bersama. Artinya, pembeli tidak langsung menransfer uang ke penjual, akan tetapi pembayaran dulakukan melalui BUKALAPAK. Setelah barang diterima dan telah dicek, barulah BUKALAPAK akan menyerahkan uang kita ke penjual. Dan jika penjual tidak mengirimkan barang dalam waktu 4x24 jam (untuk jenis reguler) atau 2x24 jam (untuk jenis kilat), maka uang akan 100% dikembalikan ke pembeli. Jadi, sangat aman.

Pembayaran dapat dilakukan melalui berbagai cara. BUKALAPAK mendukung pembayaran dengan transfer via bank untuk bank BCA, Mandiri, BNI, BRI. Selain itu juga tersedia pembayaran melalui BukaDompet (dompet virtual berisi dana hasil penjualan), Mandiri Clickpay, BCA Klikpay, dan CIMB Click. BUKALAPAK juga menyediakan opsi pembayaran melalui Indomaret. Ini sangat memudahkan bagi orang yang tidak memiliki rekening bank ataukartu kredit. Saya memilih menggunakan transfer bank.

Bayar dan konfirmasi dengan mudah

Setelah melakukan pembayaran sejumlah yang diminta, seperti biasa dilakukan proses konfirmasi. Dan, konfirmasi yang dilakukan sangat-sangat cepat! Berbeda sekali dengan proses konfirmasi toko-toko lain yang harus mengunggah bukti transaksi, di BUKALAPAK tidak perlu! BUKALAPAK sudah menggunakan konfirmasi otomatis. Ada nomor unik di setiap transaksi yang berguna sebagai verifikasi. Jadi, kita cukup transfer, kemudian isi bank tujuan, bank pengirim, dan nama pengirim (nama kita), lalu klik KONFIRMASI. Dan dalam hitungan detik, konfirmasi berhasil dan pesanan langsung diteruskan ke penjual.

Fitur komunikasi dengan penjual
Fitur chat antara pembeli dan penjual

BUKALAPAK menyediakan fitur chat untuk berkomunikasi antara pembeli dan penjual. Fitur ini sangat memudahkan pembeli untuk menanyakan kesiapan penjual, kondisi ketersediaan barang, dan lain-lain. Jadi kita tak perlu khawatir penjual sampai melewatkan pesanan kita. Sekali lagi, kenyamanan dan keamanan menurut saya adalah hal yang paling ditekankan di BUKALAPAK.

Informasi Status Barang

Status barang
Di BUKALAPAK, informasi status barang ditampilkan di menu Transaksi ( akses : Hamburger menu Transaksi). Ketika ada status transaksi baru, akan muncul notifikasi. Status ditampilkan dalam bentuk ikon-ikon. Statusnya antara lain pemesanan barang, pembayaran, barang sedang diantar kurir, barang diterima, dan feedback. Jika barang tersebut diklik, maka akan muncul keterangan rinci mengenai status saat ini. Sebagai contoh, saat barang sedang dikirim, maka ditampikan nama jasa pengirimannya dan nomor resinya. Nomor resi memudahkan kita untuk mengecek lokasi barang saat ini.
Barang sudah sampai

Setelah menunggu tiga hari, flashdisk saya sudah sampai di tujuan. Tiga hari? Iya, karena saya pesan hari Sabtu. Lupa nggak ngecek kalau itu bukan hari kerja. Kalau dihitung hari kerja, ya, satu setengah hari, lah, barang ini sampai. Cukup cepat dan memuaskan.

Dan sekian cerita saya pertama kalinya belanja di BUKALAPAK. Sekali lagi, belanja di BUKALAPAK sangat mudah dan cepat, aman, dan nyaman.



Mari berbagi tulisan!

Artikel Terkait

Komentar
42 Komentar

42 comments:

  1. wah.. baru tau ada bukalapak versi app. download deh, biar gampang handle bisinis ku via ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan juga bisa jualan loh di sini. Sukses bisnisnya, Gan!

      Delete
  2. Wah keren ternyata zaman sekarang gan :D Jadi mudah para ibu rumah tangga ga susah payah pergi ke mall untuk belanja :D hanya modal jari udah bisa beli aapa aja di bukalapak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, beli sapu, beli teflon, dan perangkat rumah tangga lainnya gampang di BUKALAPAK. Ibu Agan mungkin perlu dikenalin juga hehehe

      Delete
  3. Wah keren gan pingin nyoba,,, mau belanja males pergi... belanja online aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi. Daripada repot keluar rumah, mending buka HP aja, dan belanja di BL.

      Delete
  4. Sering pake bukalapak sih buat belanja tapi kurang yakin keaslian produknya soalnya jam g shock gue cek di penjualnya 100rb doang di toko online lain bisa 500 rban nyampe jutaan gak jelas produk kw apa bukan

    ReplyDelete
  5. Keren jadi referensi online shop, good job brother :)

    ReplyDelete
  6. langsung mulai belanja dah setelah baca ini! :D

    ReplyDelete
  7. Wah mantap, sekarang kalo mau belanja ga perlu keluar rumah dan ga perlu ribet, cukup secara online di bukalapak.. Nice information!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Gan. Cukup klik sana sini, bayar juga pake IB, semuanya sambil duduk aja :)

      Delete
  8. Hmmm... Menarik sekali. Pengen nyoba ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba aja Mat. Aman kok :) Ntar ketagihan belanja di sini :)

      Delete
  9. Hmm... boleh nih dicoba. Penasaran. Mudah2an ga lelet ya di HP. Mantap gan

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Replies
    1. Iya, namanya Achmad Zaky. Beliau alumni Teknik Informatika ITB 2004

      Delete
  12. Di bukalapak emang ada beberapa fitur yang ngebuat belanja online aman dan nyaman

    ReplyDelete
  13. Belom terlalu yakin sih untuk makek jasanya bukalapak.com hhoo

    ReplyDelete
  14. Waaa keren yaaa... pas banget lagi nyari-nyari barang ga nemu... nice info.. thx

    ReplyDelete
  15. woooow bukalapak keren bangeeet.. jadi pengen belanja neeeh

    ReplyDelete
  16. Mantap! Semangat terus, semoga makin banyak yang kayak gini! :D

    ReplyDelete

Bookmark Sinyal Pintar

Copy-Pastekan kode ini untuk bookmark Sinyal Pintar di blog/website-mu.
Teks

Banner