Sunday 21 October 2012

Manfaat Tersembunyi dari Gerakan Sholat untuk Kesehatan

Halo sobat ZoPi, bagaimana kabarnya?
Setelah kemarin pada saat bulan Ramadhan, kita sudah membahas mengenai manfaat puasa untuk kesehatan, kini kita akan mengupas hal yang hampir sama. Kalau kemarin puasa, sekarang mengenai rukun Islam kedua, yaitu sholat.
Sholat, seperti dalam hadits nabi, disebutkan merupakan tiangnya agama. Jadi, gerakan dan ucapan dalam sholat haruslah benar dan mengikuti aturan yang ada, mulai dari cara mengangkat tangan saat takbir, cara rukuk, dan sebagainya. Tapi tahukah kamu, mengapa sholat diatur diatur sedemikian rupa seperti itu? Ternyata selain untuk mendekatkan diri kepada Allah, gerakan-gerakan tersebut juga banyak manfaatnya bagi kesehatan lho... Apa saja itu? Yuk simak uraian berikut.




1.     Manfaat Gerakan Takbir
Takbir merupakan gerakan mengangkat tangan disertai ucapan Allahu Akbar sejajar dengan telinga, kemudian meletakkannya di perut dengan cara bersedekap. Pada saat takbirotul ikhrom, ketika tangan diangkat hati harus dalam keadaan berniat mengerjakan sholat. Gerakan ini dapat memperlancar aliran darah dalam tubuh, kelenjar getah bening, dan kekuatan otot. Posisi jantung pada gerakan ini menjadi berada di bawah otak memungkinkan peredaran darah mengalir lancar ke seluruh tubuh. Ketika kita mengangkat kedua tangan, otot bahu meregang sehingga aliran darah yang kaya akan oksigen menjadi lancar, kemudian tangan didekapkan di depan perut atau dada dipercaya dapat bermanfaat untuk menghindarkan dari berbagai gangguan pada persendian terkhusus pada tubuh bagian atas.

2.     Manfaat Gerakan Rukuk
Posisi rukuk  yang benar adalah ketika pinggang membentuk sudut 90 derajat. Punggung harus dalam keadaan lurus, yang apabila ada gelas diletakkan di atasnya maka gelas itu tidak jatuh. Posisi kepala juga harus lurus dengan tulang punggung. Posisi rukuk yang benar dapat bermanfaat untuk menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi dari tulang belakang (Corpus Vertebrae) yang memiliki fungsi utama untuk menyangga tubuh dan merupakan pusat dari seluruh urat syaraf yang ada pada tubuh kita. posisi jantung pada gerakan ini menjadi sejajar dengan otak, maka aliran darah maksimal terjadi pada tubuh bagian tengah. Posisi tangan yang bertumpu pada lutut berfungsi sebagai relaksasi bagi otot-otot bahu. Posisi Ruku' juga merupakan sebuah latihan untuk saluran kemih untuk mencegah gangguan prostat.

3.     Manfaat Gerakan I’tidal (Berdiri Kembali Setelah Rukuk)
Setelah rukuk, kita beri’tidal dengan cara takbir kemudian bersedekap kembali atau meluruskan tangan (tergantung pemahaman masing-masing). Dalam i’tidal, posisi badan harus kembali tegak, jangan terburu-buru untuk sujud (dalam bahasa Islamnya adalah tuma’ninah).  Ketika dalam keadaan ini, organ-organ dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian yang memiliki efek untuk menjadikan pencernaan dalam perut menjadi lebih lancar.

4.     Manfaat Gerakan Sujud
Gerakan sujud yang benar adalah menungging dengan dahi, hidung, telapak tangan, lutut, dan jari kaki menyentuh lantai. Jari-jari kaki ditekuk. Gerakan ini bermanfaat untuk memompa aliran getah bening ke bagian leher dan ketiak. Pada posisi ini, jantung berada di atas otak yang menyebabkan darah yang bercampur dengan oksigen bisa mengalir secara maksimal ke otak kita. Aliran darah ini berpengaruh pada daya pikir seseorang, oleh karena itu lakukanlah sujud dengan benar, jangan terlalu tergesa-gesa biarkan darah segar mengalir dengan cukup ke otak kita. Posisi ini juga dipercaya untuk menghindarkan kita dari gangguan wasir. Terkhusus untuk wanita, posisi ruku' dan sujud memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ intim kewanitaan.

5.     Manfaat Gerakan Duduk di Antar Dua Sujud (Iftirosy)
Posisi pada saat melakukan Iftirosy tubuh bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan syaraf Nervus Ischiadius, posisi ini bermanfaat untuk menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang kadang membuat penderitanya tidak dapat berjalan. Jika dilakukan dengan benar, dapat mencegah terjadinya impotensi pada pria.

6.     Manfaat Sujud Kedua
Gerakan sujud secara signifikan dapat mencerdaskan otak, karena suplai darah ke otak cepat terisi.

7.     Manfaat Gerakan Duduk Takhiyat (Tawarruk)
Posisi Tawarruk sangat baik untuk pria dikarenakan tumit menekan aliran kandung kemih, kelenjar kelamin pria dan saluran Vas Deverens. Posisi telapak kaki duduk  tawarruk menyebabkan seluruh otot pada tungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali. Gerak dan tekanan harmonis inilah yang mampu menjaga kelenturan dan kekuatan organ-organ gerak kita.

8.     Manfaat Gerakan Salam
Gerakan salam adalah gerakan memutar kepala ke kanan dan ke kiri secara maksimal. Manfaat dari gerakan ini adalah relaksasi pada otot sekitar leher dan kepala, menyempurnakan aliran darah di kepala. Gerakan ini mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit pada wajah kita.

Subhanallah, ternyata begitu besar manfaat tersembunyi di balik perintah melakukan sholat! Semoga kita selalu berada dalam naungan-Nya. Amiin.




Mari berbagi tulisan!

Artikel Terkait

Komentar
0 Komentar

Bookmark Sinyal Pintar

Copy-Pastekan kode ini untuk bookmark Sinyal Pintar di blog/website-mu.
Teks

Banner