Monday 29 October 2012

7 Cara Meningkatkan Kerja Otak untuk Menyerap Informasi



Sobat pernah terkagum-kagum melihat orang yang dapat mengingat informasi yang diperolehnya secara sangat cepat? Atau pernah juga merasa iri sama teman yang cepat banget menerima dan menyerap apa yang diajarkan guru? Semua orang pasti pernah merasakan itu. Tetapi, kita tak boleh hanya bermimpi mendapatkan kemampuan seperti dia. Karena, semua orang pasti punya kemampuan untuk melakukannya, dan semuanya butuh latihan dan pembiasaan. Kita harus cari tahu dan berusaha bagaimana bisa mendapatkan kemampuan itu. Bagaimana caranya? Sinyal Pintar punya beberapa tips. Yuk simak!

1.       Mengajarkan orang lain
Iya, ini cara yang paling ampuh agar kita dapat menyerap informasi dengan cepat. Mengapa? Semakin sering kita mengajarkan orang, ilmu kita akan makin banyak! Kok bisa? Ya iya, lah. Sebelum kita mengajar seseorang, tentu kita sudah ada persiapan terlebih dahulu, kan? Lalu, kalau nanti ada pertanyaan dari anak, kita pasti akan berusaha mencari tahu, entah lewat mana. Jadi, kita akan sering membaca dan akhirnya terbiasa menyerap informasi.

2.       Menulis sebuah artikel
Sebelum menulis artikel, kita harus memiliki tema yang unik dan membuat kita terpacu mencari sumber-sumbernya. Dan ternyata, daripada membaca buku, menulis artikel akan lebih mengoptimalkan otak kita, karena otak akan selalu penasaran dengan informasi yang dicari. Dan biasanya, informasi yang kita inginkan untuk didapat lebih mudah diingat daripada informasi yang memang sudah tersedia seperti di buku.

3.       Buatlah sebuah blog
Blog merupakan tempat kita berbagi artikel dengan teman-teman di seluruh dunia. Dengan menulis blog, otak kita akan terpacu mencari inovasi dan topik baru secara berkala. Karena, kalau seseorang sudah serius mengelola blog, tentu dia tak akan tanggung dalam memposting sesuatu informasi. Awalnya sih sederhana dan masih malas-malasan. Tapi jika sudah lama dan banyak pengunjung, tentu kita tak mau pengunjung kabur. Akhirnya, kita terdorong menulis sesuatu yang baru. Dan ini sangat bermanfaat! Seperti Sinyal Pintar ini... Dengan semboyannya “Tempatnya Berbagi, Tempatnya Berprestasi!” kami terus menambah jumlah postingan secara berkala. Dan sekarang, aku sudah bisa merasakan manfaatnya!

4.       Menjaga kesehatan tubuh
Ini yang biasanya disepelekan. Luangkan sedikit waktu untuk istirahat. Olah raga secara teratur juga diperlukan. Makan makanan yang bergizi dan menunjang belajar. Minumlah ari putih minimal delapan gelas sehari untuk proses penggantian cairan tubuh. Ingat, untuk mencari ilmu, kita harus dalam keadaan fit! Kalau flu saja, rasanya tuh informasi masuk telinga kanan, keluar telinga kiri!

5.       Melatih menggunakan kelima indera saat belajar
Mulailah ini. Sulit sih, tetapi kalau sudah terbiasa malah jauh lebih enak. Dan belajar kita juga lebih maksimal. Caranya bisa dipikirkan sendiri.

6.       Tingkatkan motivasi belajar
Motivasi merupakan dorongan agar seseorang mau melakukan sesuatu, dalam hal ini adalah belajar. Motivasi dapat didapat dari orang tua, teman-teman, maupun bapak-ibu guru. Tetapi yang paling penting adalah motivasi dari dalam diri sendiri. Belajarlah optimis. Percayalah, bahwa kamu dapat menyerap segala informasi dengan baik. Akan tetapi, diimbangi juga dengan usahamu, sehingga ada hasilnya. Kalau di fisika sih, rumusnya W = F.s di mana W = Usaha, F = Gaya (dorongan/motivasi), dan s = hasilnya. Jadi, jika hanya dorongan saja, tapi tak ada dorongan (F=0), maka hasilnya yang nol juga.

7.       Review hidup sebelum tidur
Sebelum tidur, cobalah untuk merekap (review) semua hal yang sudah terjadi di hari ini, kemudian carilah apa yang masih kurang.  Dan berjanjilah untuk membuatnya lebih baik di hari esok. Bayangkan juga apa yang akan kamu lakukan di hari besok sehingga kamu sudah memiliki rencana. Lakukan ini setiap sebelum tidur. Ini akan membantu otakmu tidak mati. Aktif dengan maksimal, sehingga informasi akan lebih mudah diingat, karena otak sudah terbiasa digunakan untuk mengingat kejadian hari ini.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat Sinyal Pintar berikan buat sobat yang sedang mencari informasi mengenai cara meningkatkan kinerja otak dalam menyerap informasi. Baca juga informasi mengenai cara mengaktifkan otak kanan untuk mempertajam ingatan. Sekian, sampai jumpa di posting berikutnya!



Mari berbagi tulisan!

Artikel Terkait

Komentar
0 Komentar

Bookmark Sinyal Pintar

Copy-Pastekan kode ini untuk bookmark Sinyal Pintar di blog/website-mu.
Teks

Banner