Wednesday 17 June 2015

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

Puasa
Marhaban ya Ramadhan...
Ramadhan adalah bulan penuh berkah. Puasa di bulan Ramadhan ternyata bukan hanya sekadar untuk meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT, serta bukti ketaatan pada perintah-Nya. Ternyata Allah punya maksud lain, salah satunya adalah untuk kesehatan kita. Jadi tidak jarang ditemukan orang-orang nonmuslim yang ikut-ikutan berpuasa seperti orang Islam dengan alasan untuk kesehatan. Guru SMA saya dulu pun begitu. Meski nonmuslim, ia pernah menjalani puasa Senin-Kamis dan berkomentar bahwa manfaat puasa itu sangat bagus untuk tubuh kita. Subhanallah.
Lalu, sebenarnya apa saja soih manfaatnya? Yuk kita simak saja.

1. Menurunkan Berat Badan
Jika kamu ingin menurunkan berat badan dengan diet, maka ganti diet kamu dengan puasa, karena dengan berpuasa jadwal makan dan minum akan teratur dengan baik, juga tidak berlebihan dan tidak juga menyiksa tubuh kamu. Tetapi kamu juga harus berhati-hati, jangan mentang-mentang sedang diet, bukanya sampai malam. Itu malah bahaya! Satu lagi, biasanya kamu akan lebih banyak mengonsumsi makanan tinggi gula dan kalori dibandingkan sayuran dan buah. Jadi, tahan nafsumu ketika berbuka. Ingatlah bahwa berlebihan itu dibenci Allah.

2. Menghilangkan Racun Dalam Tubuh
Kosongnya lambung saat kamu berpuasa membantu detoksifikasi (pembuangan racun didalam tubuh) dan kemudian prosesnya dioptimalisasi pada saat berbuka puasa. Penyerapan nutrisi didalam tubuh juga lebih efektif, nutrisi yang di dalam makanan terserap sempurna sehingga meminimalisir penumpukan makanan yang membusuk di tubuh.

3. Menghilangkan /Meredakan Nyeri Pada Persendian
Siapa sangka, puasa juga bisa menjadi obat untuk meredakan penyakit yang satu ini. Bagi orang yang menderita arthritis atau radang sendi. Sebuah penelitian menunjukkan adanya hubungan antara membaiknya radang sendi dan peningkatan kemampuan sel netrofil dalam membasmi bakteri. Netrofil, atau sel penetral merupakan unsur yang mampu menetralkan racun maupun bakteri penyebab radang sendi.

4. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi
Tak perlu berobat secara medis untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Saat berpuasa, otomatis kita akan lebih sedikit mengonsumsi makanan terutama yang mengandung lemak, gula dan kolesterol tinggi. Hal ini yang kemudian berdampak pada penurunan kolesterol dan gula darah. Jika disertai dengan diet makanan sehat saat sahur dan buka puasa, manfaatnya akan didapatkan dengan lebih optimal. Tapi sekali lagi harus berhati-hati juga kalau waktu berbuka, jangan mengonsumsi terlalu banyak gula walaupun disunnahkan  berbuka dengan makanan dan minuman yang manis. Jangan berlebihan.

5. Puasa Sebagai  Waktu Istirahat
Di siang hari, tubuh kita mengalami proses mencerna makanan, malam hari menyerap zat makanan, dan akhirnya pada pagi hari membuang zat-zat yang tak berguna. Lalu apa yang biasanya terjadi?  Pagi hari kita makan dengan alasan agar kerja gak kehabisan tenaga, agak sekolah bisa full konsentrasinya. Kalau makan yang mudah dicerna dan memang itu harus sih nggak masalah, yang menjadi masalah adalah makan yang terlalu berlebihan, padahal seharusnya tubuh kita sedang membuang sisa makanan yang tak berguna.
Di malam hari, tubuh masih saja dipaksa untuk makan, dengan alasan karena lelah setelah bekerja. Padahal tubuh kita sedang dalam proses penyerapan zat-zat makanan. Berbahagialah buat yang sudah membiasakan diri mengurangi maka pada malam hari.
Di sela-sela waktu sarapan pagi, makan siang, sampai makan malam pun kita sering ngemil, makan makanan yang tak terlalu berguna. Jadi nyaris selama 11 bulan organ pencernaan tak pernah beristirahat. Nah, di bulan Ramadhan inilah waktunya organ pencernaan beristirahat. Karena tahukah kamu, bahwa menurut penelitian kalau selama 24 jam tapa henti organ pencernaan terus bekerja, maka akan terjadi penumpukan racun sampai seberat 5 kg. Masya Allah, apa jadinya tubuh kita. Pasti akan banyak penyakit yang bersarang.

Nah, itulah beberapa manfaat puasa bagi kesehatan. Ternyata begitu sayangnya Allah kepada umatnya. Namun kadang umat-umat itu tak mengerti. Na’udzubillah.



Mari berbagi tulisan!

Artikel Terkait

Komentar
0 Komentar

Bookmark Sinyal Pintar

Copy-Pastekan kode ini untuk bookmark Sinyal Pintar di blog/website-mu.
Teks

Banner