Monday 8 June 2015

Lakukan Beberapa Tips Ini di Satu Hari Jelang SBMPTN

SBMPTN by Okezone

Ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2015 akan dilaksanakan Selasa, 9 Juni 2015, atau satu hari lagi. Berbagai persiapan tentunya sudah dilakukan oleh para peserta, dan mungkin masih berlanjut sampai hari ini. Satu hari lagi, dan besok eksekusi. Jadi sekarang saya bukan ingin memberikan tips tentang bagaimana kamu belajar, bagaimana kamu mengerjakan soal. Karena tips seperti itu bukanlah tips yang efektif untuk satu hari ini. Tips di sini lebih mengarah kepada pengondisian mental. Berikut tips H-1 SBMPTN.


1. Survei lokasi ujian
Usahakan H-1 sebelum ujian kamu sudah tahu lokasi ujian secara detail, di mana, gedung apa, ruang berapa. Sehingga pada hari H, kamu sudah tidak sibuk mencari ruangan ujian lagi. Karena mencari ruangan sesaat sebelum ujian dapat membuang waktu, apalagi kalau lama, bisa sampai terlambat ujian.

2. Persiapkan kebutuhan ujian
Persiapkan dengan baik barang-barang yang harus kamu bawa di saat ujian, seperti pensil 2B, penghapus, pulpen, dan kartu ujian. Perhatikan baik-baik barang yang harus kamu bawa saat ujian. Jangan sampai tertinggal, karena hal tersebut bisa fatal. Kamu nggak mau persiapan kamu belajar selama ini menjadi sia-sia hanya karena kamu lupa membawa barang-barang yang disyaratkan?

3. Jaga Kesehatan
Ini nih yang tidak kalah penting. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal saat ujian, tubuhmu harus sehat. Jangan lakukan kegiatan yang berisiko membuatmu sakit. Sakit akan menghambat kemampuan kamu menelaah soal ujian dengan baik. Maka dari itu, jaga kesehatanmu. Tidur yang cukup, sehingga pagi hari bisa mengikuti ujian dengan kondisi prima. Nggak mau, kan, persiapan keras kamu sia-sia karena kamu sakit saat ujian?

4. Review materi secara singkat
Review ini hanya untuk mengingatkan kembali memori kamu mengenai hasil belajar kamu selama ini. Review akan menjadikan memori kamu kembali bangkit semisal ada yang lupa. Ingat kembali poin-poin materi, terutama yang membutuhkan hafalan cukup banyak seperti Biologi untuk SAINTEK, dan Sosiologi untuk SOSHUM.

5. Hitung-hitung
Kamu bisa kembali menghitung berapa soal yang harus kamu kerjakan untuk mencapai passing grade jurusan yang kamu tuju. For your information, berdasarkan berita di Okezone, komposisi soal SBMPTN 2015 terdiri atas 25% soal mudah, 50% soal sedang, dan sisanya soal yang cukup kompleks. Buat rancangan berapa soal yang harus kamu jawab dengan benar, dan toleransi kesalahan.

6. Tenangkan diri
Membuat diri merasa tenang adalah hal yang sangat penting ketika hendak melaksanakan ujian. Ketenangan akan memberikan kejernihan pikiran dan dengannya mengerjakan soal akan terasa lebih ringan. Berbeda dengan kondisi hati yang masih was-was, pikiran menjadi kurang fokus, dan pada akhirnya akan kalang kabut ketika mengerjakan soal. Soal yang mudah menjadi terasa lebih sulit.

7. Berdoa
Yang terakhir yang dapat kamu lakukan adalah berdoa. Mohon kemudahan dan ketenangan kepada Allah SWT, Tuhan Semesta Alam. Berdoa akan menenangkan hati sekaligus menjernihkan pikiran. Agar kamu lebih khusyuk, berdoalah di waktu-waktu yang sepi, misalnya di sepertiga malam. Bagi yang muslim dapat melakukan sholat tahajud. Bagi yang nonmuslim dapat melakukan doa malam. Jangan lupa memohon doa dari kedua orang tua.

Itu tadi tips yang dapat kamu lakukan satu hari menjelang SBMPTN 2015. Tunjukkan bahwa kamu bisa dan pantas duduk di bangku kuliah universitas idaman kamu. Semoga berhasil!




Mari berbagi tulisan!

Artikel Terkait

Komentar
0 Komentar

Bookmark Sinyal Pintar

Copy-Pastekan kode ini untuk bookmark Sinyal Pintar di blog/website-mu.
Teks

Banner