Sunday 5 August 2012

Jama’ah Tarawih Mengalami “Kemajuan”? Fenomena UMUM!

Sudah setengah jalan kita berpuasa pada bulan Ramadhan tahun ini. Berbagai amalan yang menunjang juga sudah setengah jalan dilakukan. Tetapi hal yang menjadi fenomena di kalangan masyarakat adalah “kemajuan” jama’ah shalat tarawih, shalat sunnah khusus Ramadhan. Di sini aku katakan “kemajuan”. Ya, kemajuan jama’ahnya, karena jama’ahnya berkurang maka shaf-shafnya semakin maju. Jadi, bukan kemajuan dalam arti peningkatan kualitasnya. Ini sudah menjadi fenomena umum!
Mengapa ini terjadi? Berdasarkan survei yang aku lakukan kepada teman-teman mengenai ini, kebanyakan dari mereka menjawab dengan malas, capek, bahkan nggak penting.
Sebenarnya tidak ada alasan untuk meninggalkan tarawih. Kesibukan lain bisa saja ditinggal terlebih dahulu. Toh sebenarnya shalat tarawih ini juga tidak mengganggu, hanya satu sampai dua jam, kan?
Ini semua harus menjadi koreksi untuk masyarakat.  Baru setengah jalan, kok sudah menyerah? Ibarat lomba balapan kuda, awalnya berpacu sekencang mungkin. Lah, baru sampai di tengah jalan jalanya jadi lambaaat banget. Yang lain masih berlari, ini malah cuma jalan, bahkan berhenti.
Kalau menurut Pak Kyai yang aku mengaji padanya, ia berkata bahwa ini karena mereka tidak dapat menahan nafsunya, mereka sebenarnya telah dirugikan atas keputusan mereka sendiri  untuk tidak melaksanakan sholat sunnah tarawih. Ia juga berpendapat bahwa belum tentu jika mereka meninggalkan shalat ini, ia di rumah mengerjakan hal-hal yang bermanfaat. Seperti misalnya seseorang beralasan, “Saya tidak tarawih karena saya mau belajar pada waktu itu.”
Tapi pada kenyataannya, ia kemungkinan besar malah menggunakan waktu itu untuk menonton TV atau bermain ponsel. Manusia memang seperti itu sifatnya. Tidak konsisten!
Fenomena biasa!

Nah, itulah pendapat dan pandangan Sinyal Pintar mengenai hal yang biasa terjadi di masyarakat ini. Kalau teman-teman juga mengatakan malas, lalu kemudian tidak bertarawih, maka hapuslah kata-kata ini dalam kamus hidupmu! Buang jauh-jauh ke laut! Karena sebenarnya hati kecilmu selalu ingin berangkat ke masjid, bertarawih jama’ah. Kalau kamu meninggalkannya, maka percayalah bahwa kamu akan menyesal nantinya. Jadi, marilah kita tingkatkan ibadah kita di bulan ini, salah satunya dengan mengerjakan shalat tarawih setiap malam! Tinggalkan dulu perkerjaan lain untuk satu jam saja. Dan tinggalkan juga komentarmu di sini. Hehe




Mari berbagi tulisan!

Artikel Terkait

Komentar
0 Komentar

Bookmark Sinyal Pintar

Copy-Pastekan kode ini untuk bookmark Sinyal Pintar di blog/website-mu.
Teks

Banner